Lihat ke Halaman Asli

Advertorial

TERVERIFIKASI

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Pameran ke 2, Atelier Riri Suguhkan Cerita, Pengalaman, dan Suasana dari Pameran di Jepang ke Jakarta

Diperbarui: 30 Juli 2024   16:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. proposal

Kesuksesan Atelier Riri dalam menggelar pameran perdananya di Kopi Kalyan Tokyo Jepang berjudul "More or Less" yang dilaksanakan pada 17 -- 26 May lalu mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi khususnya dari warga lokal Jepang. 

Pameran yang berlangsung selama 10 hari tersebut berhasil membawa dan menampilkan warisan budaya dan arsitektur di Indonesia lewat pendekatan desain arsitektur karya Atelier Riri. 

Tak ayal, dari pameran tersebut pun terjalin koneksi dengan komunitas arsitektur dan desain, baik dengan praktisi lokal hingga global.   

Pengalaman dan cerita dari pameran tersebut akhirnya dibawa kembali ke tanah air lewat More or Less Jakarta. More or Less Jakarta kini hadir, sebagai kelanjutan dari More or Less Jepang dimana pameran ke-dua ini akan berlangsung selama 1 (satu) bulan dan berlokasi di kedai kopi yang sama seperti di Jepang yaitu Kopi Kalyan yang merupakan salah satu kolaborator pameran More or Less, dan menjadi wisata yang menarik untuk bisa dinikmati oleh design enthusiast di seluruh Indonesia.  

Tak hanyaa lokasi yang sama, konsep yang diusung pada pameran More or Less Jakarta ini pun merupakan konsep keberlanjutan yang diaplikasikan kembali. 

Diantaranya lewat penggunaan material, dimana Atelier Riri memilih bahan yang ringan dan mudah dibawa, sehingga kain, kayu, dan anyaman rotan menjadi media utama pameran ini. Kain-kain yang digantung pada kayu ini tidak hanya menciptakan intervensi spasial di kedai kopi, tetapi juga meningkatkan suasana ruang pada pameran. 

Oleh karena itulah, konsep "Spatial Intervention" menjadi tema yang diangkat dalam penyajian karya-karya pada pameran More or Less Jepang, juga Jakarta ini.   "Kami ingin memberikan sensasi dan cerita pengalaman yang telah Kami laksanakan di Jepang, lewat Pameran More or Less ke 2 (dua) ini, lewat penyajian yang se-mirip mungkin, sehingga penikmat yang hadir bisa merasakan euforia yang sama ketika kami berpameran di Jepang" ujar  Riri Yakub, Arsitek Prinsipal Atelier Riri Lebih lanjut Atelier Riri menambahkan, pameran More or Less Jakarta ini akan dilaksanakan tepatnya di Kopi Kalyan Menteng, Jakarta. 

Pameran ini akan dibuka pada tanggal 19 Juli, dan di tandai pembukaannya lewat acara Grand Opening and Vip Viewing. Pameran ini pun boleh dinikmati untuk khalayak umum sampai dengan tanggal 16 Agustus nanti.   

Harapannya Pameran ini bisa memberikan inspirasi lebih dalam hal arsitektur, budaya, dan pengalaman bagi semua insan kreatif. Bagi kawan-kawan yang berada di Indonesia dan Jakarta tepatnya, kalian dapat mengunjungi "More/Less Exhibition Jakarta" dan menikmati kopi sekaligus merasakan pengalaman dan cerita pameran intervensi ruang di Jepang, yang hadir di Jakarta.

Tentang Atelier Riri: 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline