Dalam dunia bisnis tentunya sangat banyak cara dan taktik untuk mencapai pada kesuksesan yang tentunya harus melewati jalan yang sangat panjang dan sulit untuk mencapai tahap tersebut.
Namun ada satu langkah penting yang sering kali dilupakan oleh para entrepreneur dalam membentuk bisnis/ brand mereka yaitu Branding.
Sebelum masuk ke penjelasan lebih mendalam kita coba pake contoh, kalau kalian ditanya tentang Air Minum brand yang pasti terlintas di pikiran kalian pasti "Aqua". Nah, hal ini yang disebut sebagai branding.
Apa Itu Branding?
Menurut The Branding Journal branding didefinisikan sebagai proses memberikan makna kepada perusahaan, produk atau jasa dengan membuat dan membentuk nilai brand di dalam ingatan pelanggan.
Branding juga merupakan strategi yang didesain oleh perusahaan untuk membantu masyarakat agar mereka dapat secara cepat mengidentifikasi produk dan organisasi mereka, serta memberikan audiens alasan untuk lebih memilih produk perusahaan terkait dibanding para kompetitornya.
Pada intinya Branding berarti memberikan identitas pada brand. Branding dapat berupa misi dan visi, logo, warna, jargon, kemasan, dan lain-lain.
Jadi kenapa branding itu penting, berikut adalah beberapa manfaat yang dihasilkan.
- Branding akan meningkatkan nilai bisnis
- Branding dapat menarik pelanggan baru
- Meningkatkan pride dan kenyamanan pegawai
- Membentuk kepercayaan di dalam industri yang ditekuni
- Branding akan membantu advertising brand
- Dan masih banyak lagi.
Belajar Branding dari kasus brand-brand besar di Indonesia
Setelah mengenal seberapa penting dan dampak yang dapat diberikan melalui branding ini saat yang tepat untuk kalian lebih mendalami hal ini sebelum membangun bisnis kalian atau terjun ke dunia kerja.