Lihat ke Halaman Asli

Advertorial

TERVERIFIKASI

Akun resmi Advertorial Kompasiana

Ingin Tingkatkan Inklusi Keuangan, BCA dan Indepay Hadirkan Low Cost Payment Network

Diperbarui: 22 Desember 2015   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sumber: MEDIA VISTA/Kuncoro Widyo Rumpoko"][/caption]Pada penghujung tahun ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali memperkuat layanan branchless banking atau layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai). Adalah Indepay Networks, sebuah perusahaan berdomisili di Singapura dan telah beroperasi di India, yang menjalin kerja sama dengan BCA untuk menghadirkan Low Cost Payment Network.

Kerja sama tersebut ditandai dengan momen peresmian sekaligus peresmian yang dihadiri oleh Komisaris Independen BCA Cyrillus Harinowo, Direktur BCA Wira Suwignyo, Direktur BCA Henry Koenafi, CEO Indepay Newtwork Rajib Saha dan Vice President Indepay Network John Lee pada Senin (21/12/2015) lalu di Menara BCA.

“Sesuai dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mendorong program Laku Pandai dan komitmen BCA untuk memperluas jangkauan layanan perbankan sehingga dapat dinikmati merata di Indonesia, kami akan bekerja sama dengan Indepay Networks. Indepay merupakan perusahaan yang telah terbukti berhasil menangani inklusi keuangan selama beberapa tahun. Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat fungsi dan operasional kartu Laku BCA yang saat ini masih berfungsi sebagai pembukaan dan penutupan rekening,” ujar Suwignyo.

Dalam kata sambutannya, Rajib menjelaskan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses ke layanan perbankan. Hal ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan bagi BCA dan Indepay untuk menjangkau kalangan tersebut.

“Layanan Low Cost Payment Network ini akan memberikan manfaat bagi hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan biaya yang dikenakan cukup rendah, sehingga cakupan masyarakat yang bisa memanfaatkan layanan ini juga semakin luas,” terang Rajib.

Saat ini, BCA tengah menjalankan program Laku Pandai melalui Kartu LAKU BCA. Program itu merupakan salah satu upaya BCA untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia yang bermukim di area terpencil atau kawasan pedalaman. Dengan begitu, masyarakat memiliki akses yang mudah sekaligus memadai terhadap berbagai layanan dan transaksi keuangan. Adapun fitur yang tersedia saat ini adalah pembukaan dan penutupan rekening, setoran dan tarikan tunai, informasi mutasi rekening, serta cek saldo.

Oleh karena itu, kerja sama yang terjalin dengan Indepay Networks meliputi beberapa poin penting, seperti penggunaan teknologi, sistem kontrol dan juga basis data. BCA dan Indepay Networks yakin hal-hal tersebut mampu meningkatkan kualitas layanan keuangan yang diterima masyarakat, sehingga jumlah agen program Laku Pandai maupun nasabah akan bertambah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline