Lihat ke Halaman Asli

Adriyanto M

Easy reading is damn hard writing!

Dinasti Politik yang Sehat, Mungkinkah?

Diperbarui: 4 Oktober 2023   18:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: Pemilu 2024. (Sumber: Shutterstock via kompas.com) 

Dinasti politik adalah fenomena dimana suatu keluarga atau sekelompok kerabat mempertahankan posisi dominan dalam ranah politik suatu negara atau wilayah selama beberapa generasi. 

Dinasti politik sering dipandang sebagai ancaman terhadap demokrasi karena dapat melemahkan prinsip-prinsip meritokrasi, akuntabilitas, dan keterwakilan.

Meritokrasi adalah prinsip bahwa seseorang harus diberi penghargaan atau penunjukan berdasarkan kemampuan, keterampilan, dan pencapaiannya, bukan berdasarkan koneksi, afiliasi, atau warisannya. 

Akuntabilitas adalah prinsip bahwa masyarakat harus bertanggung jawab atas tindakan dan keputusannya, dan bahwa mereka harus bertanggung jawab kepada pihak-pihak yang terkena dampaknya. 

Sedangkan representasi adalah prinsip bahwa masyarakat harus mempunyai suara dan pendapat mengenai permasalahan yang menjadi perhatian mereka, dan bahwa mereka harus dapat memilih atau memilih orang-orang yang bertindak atas nama mereka.

Tulisan ini akan mencoba berargumen bahwa dinasti politik tidak selalu buruk, dan dalam beberapa kasus dinasti politik bisa menjadi sehat, berkelanjutan, dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Akan tetapi, mungkinkah itu terjadi di dunia nyata? Mari kita diskusikan sisi positif, negatif dan kiat-kiat preventif untuk menghindari dampak buruk dari dinasti politik yang tampaknya akan selalu ada sepanjang waktu.

Salah satu alasan utama mengapa dinasti politik perlu untuk dipertahankan adalah karena dinasti tersebut dapat memberikan stabilitas dan kesinambungan dalam tata kelola suatu negara atau wilayah. 

Dinasti politik dapat memastikan bahwa kebijakan dan visi pemimpin sebelumnya dijalankan oleh penerusnya, yang memiliki nilai, keyakinan, dan kepentingan yang sama. 

Hal ini dapat mencegah perubahan atau gangguan mendadak pada sistem politik, yang dapat menyebabkan ketidakstabilan, ketidakpastian, dan konflik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline