Lihat ke Halaman Asli

Adriyanto M

Easy reading is damn hard writing!

7 Destinasi Wisata Impian di Tata Surya

Diperbarui: 29 Juli 2023   06:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi cincin planet Saturnus (Gambar dari Space.com)

Saat ini, wisata ke luar angkasa sudah dimulai dan beberapa perusahaan berusaha menawarkan perjalanan ruang angkasa kepada orang-orang yang mampu membayar paket perjalanan tersebut. Akan tetapi, tujuan perjalanan hanya terbatas di orbit bumi saja. Sementara wisata ke lokasi-lokasi yang lebih jauh di Tata Surya masih belum dimungkinkan karena jarak yang sangat jauh dan teknologi yang belum memadai.

Namun, jika teknologi yang mendukung sudah tersedia, manakah tujuan paling menarik yang bisa kita kunjungi?

Ternyata tata surya kita memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, jika kita punya alat transportasi yang bisa mendukung. Dari gunung berapi tertinggi di Mars, hingga danau metana di Titan, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata impian di tata surya.

1. Cincin Saturnus

Cincin Saturnus adalah salah satu pemandangan paling ikonik di tata surya. Cincin ini terdiri dari jutaan partikel es dan debu yang mengorbit planet raksasa tersebut. Cincin Saturnus memiliki lebar sekitar 280.000 kilometer, tetapi ketebalannya hanya sekitar 10 meter. Cincin Saturnus adalah tempat yang menakjubkan untuk melihat keajaiban alam semesta dari dekat. Cincin ini terbentuk dari partikel-partikel yang terperangkap dalam gravitasi Saturnus. Partikel-partikel ini terus bergerak dan berputar di sekitar Saturnus, sehingga membentuk cincin yang indah dan menakjubkan.

2. Olympus Mons, Mars

Olympus Mons adalah gunung berapi tertinggi di tata surya, dengan ketinggian sekitar 22 km dari permukaan Mars. Gunung ini memiliki diameter sekitar 600 km, atau sebanding dengan luas negara Prancis. Olympus Mons terbentuk karena Mars tidak memiliki lempeng tektonik, sehingga lava terus menerus mengalir dari titik yang sama selama jutaan tahun. Meskipun gunung ini sudah tidak aktif lagi, pemandangannya tetap menakjubkan dan menantang untuk didaki.

3. Valles Marineris, Mars

Valles Marineris adalah ngarai terbesar di tata surya, dengan panjang sekitar 4.000 km, atau sekitar sepertiga keliling Mars. Ngarai ini memiliki kedalaman rata-rata sekitar 7 km, dan lebar maksimum sekitar 200 km. Valles Marineris terbentuk karena retakan permukaan Mars akibat tekanan dari gunung berapi raksasa di dekatnya. Ngarai ini memiliki berbagai jenis bentang alam, seperti tebing curam, lembah sempit, dan dataran tinggi. Valles Marineris adalah tempat yang ideal untuk melakukan eksplorasi geologi dan melihat keindahan Mars dari ketinggian.

4. Titan, Satelit Saturnus

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline