Lihat ke Halaman Asli

Adriel Raihan

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Target dalam Retorika Dakwah

Diperbarui: 1 Juli 2024   23:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

adriel raihan

Oleh: Syamsul Yakin dan adriel raihan

Secara umum, sasaran dakwah adalah semua manusia: Muslim, kafir, dan munafik. Pada masa awal Islam, Nabi Muhammad berdakwah sesuai dengan perintah Allah dalam al-Qur'an. Respons manusia terhadap al-Qur'an membentuk peta sasaran dakwah.

Ayat dalam QS. Fathir/35:32 menggambarkan tiga jenis respons manusia terhadap al-Qur'an. Pertama, mereka yang menganiaya diri sendiri, menurut Ibnu Katsir adalah orang yang lalai dalam menjalankan perintah dan melakukan larangan. Contohnya, menyembah berhala atau tidak membayar zakat. Kelompok ini adalah kafir.

Kedua, mereka yang responsnya setengah-setengah, menurut Tafsir Jalalain, adalah mereka yang ragu akan kebenaran al-Qur'an. Ibnu Katsir menambahkan, mereka melakukan perintah wajib tapi kadang mengabaikan yang sunah dan melakukan yang makruh. Ini mencerminkan sifat munafik. Kelompok ini adalah munafik.

Ketiga, mereka yang segera berbuat kebaikan sesuai perintah Allah dalam QS. al-Baqarah/2:148. Kelompok ini menaati dan menerima al-Qur'an dengan cepat. Mereka adalah Muslim yang baik dan sasaran ideal dakwah.

Dakwah juga bisa dipetakan berdasarkan kelas sosial, jenis kelamin, geografis, dan etnis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline