Lihat ke Halaman Asli

Adriana NoviaS

adriana_novia

Keanekaragaman Kebudayaan Indonesia

Diperbarui: 31 Oktober 2017   01:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia, sebutan tak asing lagi yang sering kita dengar di mana pun kita berada di anataranya di bangku pendidikan, di lingkungan masyarakat, di lingkungan keluarga, serta di lingkungan luas, mulai dari anak-anak dan dewasa di seluruh pelosok nusantara pasti pernah mendengar  kata itu, "Apa sebenarnya  INDONESIA  itu ?"  Ya benar Indonesia adalah tempat kita berpijak sekarang ini. Tempat kita mengadua nasib kita. Tempat kita di lahirkan dan tempat kita melangsungkan kehidupan nan damai ini. Serta tempat indah nan penuh keragaman yang menjadi kebanggaan seluruh penghuni negeri Indonesia tercinta ini.

"Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia. Lagu tersebut pasti tidak asing lagi di telinga kita dan itu merupakan salah satu lagu yang sedikit menggambarkan negara Indonesia kita ini yang terdiri dari pulau-pulau yang yang kemudian disatukan dalam satu ikatan yang disebut dengan "NKRI" yang tak terpisahkan.

Negara  kita adalah negara yang sangat kaya akan hasil alam dan budaya, dan dunia harus mengakui hal ini. "Mengapa tidak ?" Indonesia memiliki kekayaaan alam yang sangat melipah diantaranya. Indonesia adalah pengahasil gas alam cair terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia)  juga produsen timah yang besar. Indonesia juga memiliki terumbu karang terkaya di dunai (18% dari total dunia) dan Indonesia 

 juga memiliki terumbu karang terkaya di dunai (18% dari total dunia) dan Indonesia juga menempati peringkat pertam adalam produk pertanian, yaitu cengkeh dan pala serta peringkat ke dua penghasil karet alam dan minyak sawit mentah. Indonesia adalah peng eksporter besar kayu lapis yaitu sekitar 80% di pasar dunia. Indonesia memiliki jenis Anggrek terbesar di duniayaitu sekitar 6 ribu jenis Anggrek diantaranya mulai dari yang terbesar yaitu Anggrek Macan sampai yang terkecil yang tidak berdaun, termasuk Anggrek Hitman yang langka dan hanya terdapat di Papua, serta Indonesia adalah negara Maritim terluas di dunia serta memiliki hutan bakau terbesar pula.

Selain pada kekayaan alam, Indonesia juga merupakan negara yang mempunyai suku bangsa serta kebudayaan terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa (etnis) dan serta 726 ragambahasadansertaberagamkesenian yang berada di SabangsampaiMerauke yang beragam sampai-sampai ada negara lain yang ingin mengakui budaya atau kesenian negara kita ini sebagai budaya asli mereka. Padahal itu adalah budaya kesenian asli negara kita. Dapat kita bayangkan ? betapa kayanya negara tempat kaki kita berpijak ini.

Di Indonesia memiliki banyak suku bangsa, tampak bahwa masing-masing suku bangsa tersebut memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Warga masyarakat yang berasal dari suku bangsa yang sama lebih banyak memiliki kesamaan pemikiran, sikap, dan tindakan dibandingkan dengan warga masyarakat dari suku bangsa yang berbeda. Hal ini menunujukkan bahwa setiap masyarakat termasuk masyarakat suku bangsa mengembangkan kebudayaan tersendiri yang menyebabkan kebudayaan memiliki ciri khas dibandingkan dengan suku bangsa yang lain. Setiap suku bangsa memiliki identitas sosial, politik, dan budaya yang berbeda-beda, seperti bahasa yang berbeda, adat istiadat serta tradisi, sistem kepercayaan, dan sebagainya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline