Lihat ke Halaman Asli

Adrian Chandra Faradhipta

TERVERIFIKASI

Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

5 Alasan Mengapa Banyak Keturunan India "Menguasai" Dunia

Diperbarui: 25 Mei 2023   00:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PM Inggris Keturunan India, Rishi Sunak. Sumber: AP Photo di Kompas.com

Rishi Sunak yang merupakan keturunan India pada 25 Oktober 2022 lalu terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris. Dia menggantikan Liz Truss yang merupakan Perdana Menteri Inggris Perempuan Ketiga sepanjang sejarah Inggris. Liz mundur di tengah krisis ekonomi dan pangan yang sedang dihadapi Inggris.

Rishi Sunak menambah daftar panjang para pemimpin negara dan perusahaan kelas dunia dari keturunan India. Sebut saja Kamala Harris yang merupakan Wakil Presiden Amerika Serikat, Pravinth Jugnaudh yang menjadi Perdana Menteri Mauritius, Antonio Costa yang merupakan Perdana Menteri Portugal.

Pimpinan Perusahaan Dunia Keturunan India. Sumber: Okezone.com

Di perusahaan kelas dunia kita mengenal Sundar Pichai, CEO Google, lalu Satya Nadella sebagai CEO Microsoft, Arvind Krishna sebagai CEO IBM, Ajaypal Singh Banga dari Mastercard, Parag Agrawal dari Twitter dan masih banyak lainnya.

Dominasi keturunan India ini menjadi sebuah sorotan dan kajian dari banyak akademisi dan juga masyarakat umum. Banyak faktor yang menjadi variable membuat para pemimpin keturunan India ini mendominasi di dunia.

Berikut 5 alasan mengapa keturunan India ini dapat menguasai dunia.

Keturunan India Pemimpin Pemerintahan di Berbagai Negara. Sumber: Kumparan.com

Pertama, Masyarakat India Sangat Kompetitif dan Adaptif

Pebisnis Besar India, R Gopalakrishnan yang mengarang buku "The Made in India Manager", menyampaikan bahwa, "tidak ada negara lain di dunia yang 'melatih' jutaan warganya dengan cara gladiator seperti yang dilakukan oleh India."

Persaingan yang ketat dan keruwetan di setiap lini kehidupan berhasil melatih masyarakat India untuk tumbuh menjadi seorang yang cepat beradaptasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline