Lihat ke Halaman Asli

Kuliner Nusantara Juga Bakal Sakit Kalau Dilupakan, Yuk Peringati Harkulnas 2018!

Diperbarui: 12 Mei 2018   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

resephariini.com

Selain HARBOLNAS, ada juga hari yang bakal ditunggu-tunggu setiap tahunnya yaitu Hari Kuliner Nasional, HARKULNAS! Kamu belanja online dengan penuh diskon sambil makan kuliner nusantara yang memanjakan lidah. Duh nggak kebayang deh, gimana kalo HARBOLNAS sama HARKULNAS dirayakan bebarengan.

Makanan khas Indonesia sangatlah banyak, tetapi dengan adanya globalisasi banyak orang pun cenderung beralih ke makanan cepat saji dan khas luar negeri. Contohnya saya, sebagai anak SMA yang penuh dengan dunia tugas, sering kali malas untuk sekedar memasak sesuatu dengan sayur mayur yang sudah ada untuk bertahan hidup. Sehingga makanan cepat saji lah yang menjadi pilihan tepat saya.

Di zaman yang maju ini, makanan cepat saji sudah menjadi budaya populer untuk masyarakat Indonesia. Makanan cepat saji seakan bukan lagi menjadi hal yang asing, tetapi sudah diadopsi menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Cara pandang masyarakat di era globalisasi ini sedikit aneh, contohnya dengan memakan makanan tersebut kamu baru bisa dibilang sebagai orang modern dan tidak ketinggalan zaman. Dengan begitu, makanan Indonesia pun memudar, ditinggalkan, dan hampir hilang dari negaranya sendiri. Seenaknya aja ninggalin, kaya belum tau aja gimana sakitnya kalo ditinggal?!

Saya lahir dan besar di suatu daerah di Jawa Tengah. Budaya dan karakteristiknya begitu kental sehingga banyak hal yang saya perlu dipelajari untuk mengenal daerah saya. Makanannya pun beraneka ragam, ada gethuk, soto, lumpia, ketan, dawet, jenang, nasi liwet, tempe mendoan, kethoprak, tahu petis, dan banyak lagi. Eits, tapi tetap saja, teman saya ada yang tidak tahu apa itu gethuk, makanan sekaligus oleh-oleh khas Jawa Tengah yang sudah terkenal. Padahal dia orang Jawa juga loh...

Kebetulan, 5 Mei kemarin ditetapkan sebagai Hari Kuliner Nasional oleh GOFOOD. Hari ini diluncurkan sebagai bentuk dukungan dan promosi usaha kuliner nusantara agar semakin berkembang dan dikenal pasar. Hal ini membuat saya excited untuk menjelajahi lebih jauh tentang kuliner Indonesia khas dari berbagai daerah lain. Mulai dari itu, saya dan teman-teman mencoba order kuliner nusantara di GOFOOD sebagai perayaan HARKULNAS ini. Emang agak menyimpang dari menu order sebelumnya (yang selalu makanan cepat saji) di teman saya di GOFOOD , tapi siapa sangka dengan order kuliner ini ternyata, dapet diskon 20ribu juga!

GOJEK menetapkan di HARKULNAS ini, pelanggan dapat menikmati makanan khas Indonesia dengan potongan harga 20ribu untuk transaksi online dan untuk penurakan koin GOPAY akan mendapatkan voucher di aplikasinya. Rasanya bahagia sekali saya bisa membeli 3 macam kuliner dan jajanan SD, langsung mendapatkan diskon 20ribu. Lumayan banget! Selain mendapatkan potongan harga saat order online, masyarakat bisa menikmati makanan khas Indonesia di pesta kuliner yang serentak diadakan di 11 kota di Indonesia dengan bekerja sama pengusaha kuliner nusantara. Seru ya!

HARKULNAS yang diluncurkan GOFOOD ini sangat didukung banyak masyarakat yang masih melek dengan budaya terutama kuliner Indonesia. Saya rasa hal seperti ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan dan kuliner nusantara milik kita. Tak asing lagi, dengan adanya GOFOOD akan selalu memudahkan masyarakat yang malas tapi tetap bisa menikmati kuliner nusantara dengan ditambah potongan harga juga, wow!

Era globalisasi memang menjadikan makanan Indonesia semakin tergeser ke dalam jurang yang diakibatkan oleh masyarakatnya sendiri. Tetapi dengan adanya bentuk dorongan dan gerakan dari masyarakatnya sendiri pula, kuliner nusantara akan berkembang dan kembali lagi menjadi selera lidah orang Indonesia yang sebenarnya.

Terimakasih untuk semua pihak yang berpartisipasi dalam HARKULNAS 2018, terutama GOJEK yang bisa bikin saya menikmati dan mempelajari banyak kuliner nusantara. Dan akhirnya teman saya mengerti bentuk dan rasa dari gethuk khas daerahnya. Terimakasih! Hihi!

Kalian bisa akses tentang Hari Kuliner Nasional ini di, www.harkulnas.co.id

Selamat Hari Kuliner Nasional, Indonesia! Maju terus untuk melestarikan Indonesia dan jadikan kuliner nusantara juara di tempat lahirnya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline