Lihat ke Halaman Asli

Adna MaharaniTalitha

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, program studi Film dan Televisi

Hadirnya Insight Today Sebagai Program Televisi Berita Terkini

Diperbarui: 24 Juni 2024   11:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bandung. Sumber ilustrasi: via KOMPAS.com/Rio Kuswandi

Program Televisi adalah suatu hal yang ditampilkan dalam penyiaran televisi yang didalamnya terdapat suatu acara kreatif yang dirancang guna memenuhi kebutuhan dari audiencenya. 

Dalam program televisi tentu akan ada berbagai macam sesuai dengan tema atau pembagiannya. Ada yang dibuat sebagai sumber hiburan maupun sebagai sumber pemberian informasi seperti berita. Sudah banyak macam program televisi yang mulai berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Semakin hari, saluran televisi berlomba-lomba untuk membuat program yang dapat menarik audience dengan cara membuat program televisi yang informatif dan juga kreatif.
 
Dalam hal ini, Insight Today hadir. Program ini dibuat oleh mahasiswa studio televisi yang menampilkan berita terkini juga hiburan yang dapat memberikan informasi yang aktual dan juga bermanfaat. Program ini diselenggarakan selama lima hari, dimulai pada tanggal 13 Maret 2024 hingga 17 Maret 2024 yang diadakan secara siaran langsung (On Air) pukul 09.00 WIB untuk siaran pagi, dan pukul 13.00 WIB untuk siaran siang. 

Dengan tiap siaran menggunakan durasi 30 menit yang didalamnya terdapat 9-10 paket berita dengan durasi masing-masing paket kurang lebih 1-6 menit. Semua ini disiarkan langsung dan ditayangkan melalui channel youtube 299tv.
 
Dalam proses produksi, dibagi menjadi tiga bagian, pra produksi, produksi dan pasca produksi.
 
PRA PRODUKSI
Hal pertama dalam pembuatan program televisi Insight Today ini, produser menjalankan perannya untuk membuat struktur rancangan pembagian orang yang akan turun ke lapangan dan juga bagian lainnya. Produser juga membagi tugas dan mengatur berita apa saja yang akan ditayangkan tiap hari nya, membuat jadwal rancangan penayangan dan juga memastikan selurh komponen berjalan dengan baik dengan cara berdiskusi dengan tiap bagian untuk memastikan semuanya dalam keadaan siap. 

Visual dan audio pun menjadi hal yang penting dan wajib dipegang tanggungjawabnya oleh produser. Sehingga produser harus selalu memastikan alat audio visual yang nanti akan digunakan saat produksi berjalan baik dengan cara mengadakan simulasi sebelum program Insight Today ini berlangsung.
 

Selain produser, ada juga Koordinator Liputan yang bertanggungjawab untuk memegang tim reporter dan juga tim lapangan, yang tugasnya nanti saat produksi menyiarkan siaran langsung. Selanjutnya ada Anchor atau pembawa berita yang bertugas membacakan berita saat produksi berlangsung, sehingga saat pra produksi, anchor bertugas untuk berlatih membaca script yang sudah dibuat oleh penulis naskah dan berlatih agar tidak terjadi kesalahan baca.
 
PRODUKSI
Pada bagian produksi, seluruh anggota bertugas sesuai tugas nya masing-masing. Produser bertanggung jawab untuk membuat program ini dapat berlangsung dengan lancar tiap hari nya. Selurh komponen datang kurang lebih tiga jam sebelum acara siaran dimulai untuk mempersiapkan keseluruhan yang dibutuhkan. 

Anchor bersiap dengan latihan kembali membaca naskah. Dan tim produksi pun bekerja mempersiapkan segalanya dari mula pengaturan kamera, lighting, audio dan juga bumper in dan bumper out yang akan digunakan saat program ini dimulai. Peran audio dan juga visual sangat ditekankan dan merpakan tanggung jawab dari produser selaku pemegang acara ini. 

Dalam segi visual menggunakan kamera proper dan juga audio menggunakan clip on guna menghasilkan suara yang jelas sehingga informasi akan tersalurkan dengan baik dan jelas kepada penonton. Clip on juga digunakan ole tim lapangan yang bertugas menyiarkan siaran langsung ketika program berita ini disiarkan. 

Tim lapangan menggunakan empat device berupa HP dengan masing-masing nya memiliki fungsi berbeda yaitu 1 HP digunakan untuk video, 1 HP untuk menghubungkan zoom dengan tim yang berada di studio, 1 HP digunakan seagai audio yang sudah disambungkan oleh clip on sebagai mic external dan yang terakhir 1 HP untuk memantau live streaming yang sedang terlaksana.
 

Beberapa kali hambatan terjadi saat produksi, terutama dalam masalah audio, ketika audio tidak muncul di youtube namun suara masih terdengar jelas di zoom. Juga kendala HP yang kurang memadai untuk melangsungkan streaming live sehingga sedikit menghambat tim lapangan dalam melakukan siaran langsung, penggunaan adaptor clip on yang sering kendor juga menjadi kendala dan evaluasi yang harus ditekankan agar kedepannya dapat lebih mempersiapkan kembali segala hal termasuk device yang akan digunakan.
PASCA PRODUKSI
Pasca produksi program televisi Insight Today ini dilakukan dengan adanya evaluasi mengenai hambatan-hambatan apa saja yang dirasakan saat program ini berjalan. Dalam evaluasi kegiatan program televisi Insight Today ini, perlu ditekankan pada persiapan dan kesiapan dari sumber daya manusia nya maupun dari kelayakan dan kesiapan device itu sendiri. 

Dari pemaparan hasil dan capaian, penggunaan audio yang terbilang sangat penting untuk memberikan informasi yang aktual dan juga jelas kepada penonton, sehingga, device yang diperlukan membutuhkan kesiapan dari mulai cara memakainya hingga terciptanya kualitas audio yang jernih dan sesuai dengan standar audio yang dipakai pada program televisi lainnya. 

Tentu hal tersebut harus didukung dengan adanya latihan penggunaan alat pada saat sebelum produksi acara televisi ini berlangsung, dan juga selalu mengutamakan cek yang berulang untuk memastikan kesiapan keseluruhan agar terjalin program televisi yang lancar kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline