Lihat ke Halaman Asli

Suryo Danar Saputra

Data and Information Staff at Trisaki School and Tourism

Refund Dana JD.ID Berbelit-belit

Diperbarui: 1 Juni 2019   00:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Saya pengguna layanan belanja online jd.id ingin mempertanyakan refund dana saya.
[img]https://s.kaskus.id/images/2019/05/31/1193350_20190531123843.jpg[/img]

Kronologis kejadian ini akan saya coba jabarkan sedetil mungkin:

1. Saya order handphone Asus Zenfone Max Pro M2 dengan no. pesanan 266392227 pada tanggal 21 Mei 2019 dan sudah di bayarkan saat itu juga (screenshot pembayaran terlampir)
[URL="https://drive.google.com/file/d/1883SRc5fmPYyzy49fMg_LSO_AirOFvPQ/view?usp=sharing"]SS-1[/URL]

2. Setelah menunggu 2 hari, yakni pada tanggal 23 Mei 2019 pesanan saya tidak di-approve dengan alasan pembayaran tidak sesuai saya mendapatkan informasi pembatalan dari pihak jd.id, padahal jumlah pembayaran saya sudah sesuai dengan harga produk tsb.(screenshot pembayaran terlampir)
[URL="https://drive.google.com/file/d/1dn3YxaF7RAgEdoFC_MOzE5KsrsmbVjOm/view?usp=sharing"]SS-2a[/URL]
[URL="https://drive.google.com/file/d/1XxOjPfREVWoAxF6ehjP-YXwobVihVu0v/view?usp=sharing"]SS-2b[/URL]

3. Pada 24 Mei 2019, saya diinfokan akan mendapatkan refund dana yang sudah saya bayarkan dengan no laporan 802994067 dengan estimasi 1-3 hari kerja. Yang berarti maksimal tanggal 28 Mei 2019 refund dana sudah di transfer ke rekening saya (screenshot pembayaran terlampir)
[URL="https://drive.google.com/file/d/1cG1pBMoE-qO0VTxNPmx6J5kmiN2uDSxB/view?usp=sharing"]SS-3[/URL]

4. Sampai saat ini refund dana belum di kembalikan sedangkan ketika saya coba hubungi cs jd.id via e-mail dan akun twitter nya tidak di tanggapi. (screenshot pembayaran terlampir)
[URL="https://drive.google.com/file/d/1za-27mfLxg1AK6yr1AuSBV76W2l02O7d/view?usp=sharing"]SS-4a[/URL]
[URL="https://drive.google.com/file/d/1r-KcHb-snpzSVIxlwEYVEVrfvdYcunBN/view?usp=sharing"]SS-4b[/URL]

5. Lampiran bukti mutasi rekening saya per 30 Mei 2019
[URL="https://drive.google.com/file/d/1RGR1EsuOwDYlE09uceaJ0GPlihNm2vMR/view?usp=sharing"]SS-5[/URL]
 
Update:

6. Saya menanyakan kembali setelah 2x24 jam dan saya diminta menunggu kembali 2x24 jam dengan alasan akan ditanyakan kembali ke pihak keuangan jd.id. Dan saya coba lampirkan bukti mutasi rekening saya per 31 Mei 2019 (screenshot terlampir)
[URL="https://drive.google.com/file/d/1_gaGFobkvr8TGL4W7uwtK0-OejIIQ5-5/view?usp=sharing"]Screenshot_6a[/URL]
[URL="https://drive.google.com/file/d/1b0l-LJpo1tC7Ontoez89YDWJDdDFb3yC/view?usp=sharing"]Screenshot_6b[/URL]

NB:
1. ketika saya coba menghubungi cs jd.id tanggal 29 Mei 2019 via livechat di web jd.id salah satu cs mengatakan proses dana sudah di refund per tanggal 28 Mei 2019 sedangkan tidak ada dana masuk ke rekening saya atas nama jd.id lihat juga pada point 5. (screenshot pembayaran terlampir)
[URL="https://drive.google.com/file/d/1yZxNxE5pao5Y8G2B8lFY7BJLZw5Oh2RY/view?usp=sharing"]SS-NB[/URL]

 2. Hanya ada dua kesimpulan yakni kesalahan sistem atau memang ada niatan untuk tidak mengembalikan dana yang seharusnya memang hak saya selaku konsumen karena terhitung dari 1-3 hari kerja sudah melewati term&condition dari pihak jd.id sendiri.

Mohon bantuan untuk pihak jd.id, ini adalah hak kami sudah seharusnya anda berpihak kepada konsumen anda. Jangan sampai ini menjadi stigma bahwa layanan pelanggan jd.id buruk dan membuat pelanggan setia ataupun calon pelanggan tidak ingin lagi berbelanja di jd.id

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline