Lihat ke Halaman Asli

Administrasi Perkantoran Unpam

Humanis, Religius, Cerdas dan Profesional

Dosen Administrasi Perkantoran Unpam Gelar Pengabdian Masyarakat di SMK Letris Indonesia 1

Diperbarui: 20 September 2023   15:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemberian Plakat ke SMK Letris Indonesia 1 (dokpri)

TANGSEL. AP-UNPAM. Dosen Administrasi Perkantoran D-III Universitas Pamulang (AP-Unpam) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Letris Indonesia 1 pada Kamis (14/9/2023). Kegiatan ini, selain bagian dari Tri Dharma, juga memberikan ilmu dan pengalaman dari apa yang sudah diajarkan dan dari hasil penelitian.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah Bahroin, S.Kom menyampaikan pesan kepada seluruh siswa betapa pentingnya belajar dengan praktisi dan akademisi. “Saya harap semua siswa bisa menyimak dengan baik dan tertib mengikuti kegiatan ini sampai selesai,” ujarnya.

Bahroin melanjutkan, bahwa siswa harus mempersiapkan diri agar setelah lulus sudah mendapat bekal dan ilmu pengetahuan ketika bekerja nanti. “Siswa diharapkan aktif bertanya kepada bapak/ibu dosen. Soft skill apa saja yang perlu disiapkan ketika memasuki dunia kerja nanti. Sehingga sudah mempunyai gambaran sejak dini,” terangnya.

Pemateri pertama disampaikan oleh Deni Darmawan. Dalam pemaparanya, Deni menjelaskan betapa pentingnya penguatan sikap toleransi di sekolah hingga ke dunia kerja nanti. Oleh sebab itu, sikap toleransi harus diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan.

“Sekolah harus menanamkan nilai-nilai kepedulian, gotong rotong, persaudaraan yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan seperti bakti sosial, lomba 17 Agustus, berkunjung ke tempat ibadah, dan lainnya. Dalam pembelajaran PPkn, Pancasila, Bahasa Indonesia dan agama diajarkan keberagaman untuk bisa saling menghormati dan menghargai,” terang Deni.

Pemateri ke-dua disampaikan oleh Edi Junaedi tentang kecerdasan spiritual dan emosional. “Dalam menghadapi persaingan setelah lulus SMK, siswa harus memiliki kecerdasan spiritual dan emosional yang matang,” jelasnya.

Sesi foto bersama (dokpri)

Harjoyo pun menambahkan, sebagai pemateri ia menyampaikan pentingnya soft skill dalam dunia kerja. “Jika kita bicara ilmu pengetahuan, maka 8o persen hard skill sangat dibutuhkan dan 20 persen soft skill. Namun, dalam dunia industri atau perusahaan justru 20 persen hard skill sedangkan 80 persen soft skill. Orientasi perusahaan mencari SDM yang maju dan berkembang sesuai visi-misi perusahaan. Sehingga karyawan akan memiliki komitmen, loyalitas yang tinggi dan pekerja keras,” ungkap Harjoyo.

Pemateri selanjutnya disampaikan oleh Unik Desthiani tentang pentingnya membuat surat lamaran. “Trik dalam membuat surat lamaran harus menarik. Kita juga harus mempersiapkan diri ketika melakukan interview dengan personalia perusahaan,” terang Unik.

Pemateri selanjutnya disampaikan oleh Ratna Suminar, Nurhayati dan Suwandi. Di sesi terakhir dibuka tanya jawab. Siswa begitu antusias dengan beragam pertanyaan. Kegiatan ini ditutup dengan doa dan sesi foto bersama.

Kontributor : Deni Darmawan dan Sugiyarto




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline