Lihat ke Halaman Asli

Adly Febrian

Mahasiswa UPN Veteran Jakarta

Pengaruh China dalam Ruang Digital di Indonesia

Diperbarui: 4 September 2023   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berbicara mengenai China pasti tidak lepas dari pengaruh China terhadap segala aspek secara global. Ekonomi, pasar, media, dan pengaruh ideologi tentunya menjadi hal utama ketika ita berbicara mengenai pengaruh China terhadap dunia. Hal yang kita akan fokuskan adalah mengenai pengaruh China dalam ruang digital di Indonesia, jelas pengaruh berbagai aspek di China sendiri yang paling besar adalah melalui Partai Komunis Cina (PKC). 

Mereka berupaya mempengaruhi berbagai informasi dan arus berita di seluruh dunia, dengan menggunakan cara yang tidak tampak jelas di tengah masyarakat global, tentunya upaya mempengaruhi informasi dana rus berita tersebut berdampak bagi Indonesia. Hal pertama tentunya upaya pemerintah China untuk memberikan pengaruh melalui narasi-narasi dari pemerintahan China itu sendiri misalnya, kantor-kantor berita nasional menjalin kesepakan baru dengan pemerintah China, membuat akun-akun yang diplomatis antara media China dan Indonesia, serta tidak jarak melakukan pendekatan terhadap muslim di Indonesia dengan tujuan menyelaraskan apa yang menjadi narasi dari pemerintahan China.

Ketika berbicara mengenai pengaruh tentunya akan ada dampak yang dipengaruhi, pengaruh media China tidak terlalu kuat di Indonesia, skeptisisme publik terhadap China yang kuat membuat banyak dari masyarakat Indonesia cukup hati-hati dari isu yang menyangkut China. Masyarakat Indonesia menganggap China sebagai kekuatan yang cukup berbahaya mengingat ancaman strategis, politik, geopolitik, dan ekonomi yang membuat kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal yang menyangkut China menjadi rendah. 

Kepercayaan yang rendah dari rakyat Indonesia bisa ditimbulkan dari luka sejarah bagi bangsa Indonesia dimana paham komunisme membekas dalam ingatan masyarakat Indonesia, hal lainnya juga diakibatkan dari perlakuan kontroversi terhadap komunitas muslim di Xinjiang. 

Seperti yang dijelaskan tadi terdapat kesepakatan kantor-kantor berita Indonesia dan China, konten berita yang diterbitkan oleh beberapa media Indonesia, seperti Metro TV dan Kantor Berita Antara juga diterbitkan dan disiarkan oleh China Global Televesion Network dan Xinhua. Berita-berita yang positif mengenai China banyak disiarkan dimedia-media di Indonesia berkat kesepakatan tersebut, hal ini semakin menegaskan bahwasannya China ingin membentuk pengaruhnya di Indonesia, tetapi dengan intensifnya pengaruh-pengaruh media China tidak membuat mereka berhasil mendominasi pengaruhnya di Indonesia, bahkan banyak dari masyarakat Indonesia cenderung mengkritik isu isu kontroversial dari pemerintah China.

Kurangnya pengaruh yang mereka bentuk di Indonesia tidak membuat China berhenti berupaya untuk kembali menanamkan pengaruhnya. Upaya lainnya yang pemerintah China lakukan adalah dengan mengundang banyak influencer, jurnalis, pelajar serta muslim Indonesia untuk melakukan perjalanan damai. 

Sangat jelas perjalanan ini terdapat maksud terselubung dari pemerintahan China untuk kembali menyelaraskan narasi-narasi positif mereka seperti yang mereka lakukan di Beijing dengan membantah adanya pelanggaran hak asai manusia. 

Tidak cukup sampai disitu mereka juga kerap memberikan beasiswa terhadap pelajar-pelajar muslim untuk seakan menutupi kebijakan kontroversi mereka mengenai muslim China. Dengan adanya upaya ini diharapkan para jurnalis, influenser serta pelajar-pelajar bisa mempublikasikan dan menarasikan kembali pengaruh mereka di Indonesia. 

Seperti yang kita tahu, Indonesia sangat bergantung dengan Tiongkok dalam banyak aspek, misalnya ekonomi dan kesehatan membuat Indonesia harus berhati-hati ketika mengambil tindakan terhadap pemerintahan China.

Dari banyak analisis yang kita lakukan bisa dilihat bahwasannya memang benar China ingin menaruh pengaruhnya di belahan dunia termasuk Indonesia. Terutama dalam ruang digital dengan melakukan kesepakatan dengan media-media di Indonesia dan membentuk narasi-narasi positif dengan tujuan menghapus narasi kontroversial dalam ingatan masyarakat Indonesia, mereka paham bahwa pasar Indonesia adalah pasar besar dengan masyarakat Indonesia yang konsumtif membuat China melakukan banyak upaya untuk terus menanamkan pengaruhnya di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline