Lihat ke Halaman Asli

Adji Prabowo

mahasiswa

Mahasiswa MMD Membantu Menginisiasikan Pembentukan BUMDes Guna Membangun Desa yang Mandiri

Diperbarui: 22 Agustus 2023   14:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Setelah Kegiatan. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Badan Usaha Milik Desa atau biasa dikenal oleh masyarakat adalah BUMDes, merupakan salah satu badan yang memiliki keterikatan dengan ekonomi serta menjadi salah satu alasan meningkatnya ekonomi di Desa Setempat. Selain bisa meningkatkan ekonomi di desa, Badan Usaha Milik Desa juga bisa membuat desa tersebut dikenal oleh banyak orang, karena biasanya BUMDes menjual sesuatu yang merupakan kekayaan atau keterampilan di desa tersebut sehingga dapat membuat desa tersebut dikenal oleh banyak orang.

Kecamatan lekok, Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang memiliki Badan Usaha Milik Desa Bersama atau biasa disebut dengan BUMDESMA, dimana Badan Usaha Milik Desa Bersama ini menaungi semua desa yang
ada di Kecamatan Lekok. Bentuk dari BUMDESMA itu sendiri adalah TPSTP. Desa Wates adalah salah satu desa di Kabupaten Pasuruan yang memiliki kekayaan laut berlimpah, mulai dari ikan, cumi, udang, kerang, hingga kepiting dapat ditemukan di sana, sehingga mayoritas penduduk berprofesi sebagai nelayan. Desa Wates merupakan salah satu desa di Kecamatan Lekok yang Badan Usaha Milik Desa-nya sudah tidak berjalan atau mati.

Dahulu, Desa Wates memiliki Badan Usaha Milik Desa yang terkenal dan maju, yaitu Warung Listrik. Akan tetapi, dikarenakan listrik sudah bisa memasuki daerah pemukiman warga di Desa Wates, warung listrik itu mulai tidak beroperasi hingga akhirnya mati. Oleh
karena itu, diadakannya sosialisasi di Desa Wates pada 18 Juli 2023 mengenai Sosialisasi Pembentukan Badan Usaha Milik Desa serta Pendampingan Pembuatan AD-ART BUMDes.

Sosialisasi ini memiliki tujuan untuk membentuk kembali Badan Usaha Milik Desa di Desa Wates yang sebelumnya tidak beroperasi, serta dapat meningkatkan kembali perekonomian dan juga memperkenalkan kembali kekayaan yang dimiliki Desa Wates, dengan menjual hasil tangkapan ikan atau dengan olahan makanan laut yang dapat mereka jual di Badan Usaha Milik Desa tersebut.

Pendampingan Pembentukan AD-ART BUMDes di Desa Wates, memiliki tujuan agar anggaran dana yang nantinya di dapat dari Badan Usaha Milik Desa tersebut dapat berputar sesuai dengan rancangan AD-ART yang telah dibuat, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat desa di Desa Wates.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline