Lihat ke Halaman Asli

M AdjiAl

Content Creator

Mengenal Apa itu Aqiqah, Tradisi Islam Menyembelih Kambing

Diperbarui: 10 November 2023   16:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi penyembelihan kambing Aqiqah, (pexels/pixabay)

Halo para pengunjung yang hadir, hari ini kita bakal membahas dan mengenal apa itu Aqiqah.

Pada kesempatan ini juga kita akan memahami bagaimana cara menyembelih kambing atau hewan dengan baik, untuk itu mari kita mulai.

Apa itu Aqiqah

Aqiqah adalah tradisi Islam yang melibatkan penyembelihan hewan, seperti domba atau kambing, sebagai bentuk syukur atas kelahiran seorang anak. 

Berdasarkan tradisi, hal tersebut biasanya dilakukan pada hari ke-7 setelah kelahiran anak, tetapi tidak ada ketentuan pasti soal waktu ini. 

Hewan yang disembelih di aqiqah disebut 'udhiyah'. Buat Kamu yang ingin menyembelih hewan dan bingung, bisa mencoba rekomendasi layanan Aqiqah di Tangerang pada halaman Nur Aqiqah berikut.

Dagingnya kemudian dibagi menjadi tiga bagian, yaitu satu untuk keluarga, satu untuk diberikan kepada orang miskin, dan satu untuk diberikan kepada kerabat dan tetangga. 

Selain itu, pada hari aqiqah, biasanya dilakukan juga pemotongan rambut anak yang baru lahir, dan kemudian diberikan sedekah berupa seberat dari rambut yang dipotong tersebut. 

Ini merupakan tradisi yang dianggap sebagai tanda syukur atas karunia kelahiran anak, 

Penyembelihan kambing dalam konteks aqiqah biasanya dilakukan dengan cara yang disebut "dhabihah", yang merupakan metode penyembelihan Islami. 

Dhabihah merupakan langkah yang menjadi panduan dalam melakukan penyembelihan islami, buat Kamu yang ingi tahun langkahnya simak halaman berikut ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline