Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Pengemasan Berita Abad 21

Diperbarui: 24 Maret 2016   14:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana baru tercipta karena perubahan yang tidak bisa dihentikan. Mau tidak mau, suasana harus berubah dituntut oleh kebutuhan manusia. Begitu pula dengan informasi menjadi kebutuhan manusia yang wajib dipenuhi. Tidak ada kebaruan berita, manusia tersebut akan tertinggal dengan yang lainnya. Istilahnya kudet, kurang up to date.

Informasi disiarkan dan disebarkan oleh media. Media tidak hanya sekedar memberikan informasi. Informasi kini ‘dikemas’ dengan cepat namun tetap tidak lepas dari beberapa kepentingan.

Paul Bradshaw, pada tahun 2007 memperkenalkan sebuah suasana baru untuk media yang ‘mengemas’ informasi tersebut. ‘A Model for 21st Century Newsroom’. Suasana yang Paul bawakan untuk memberikan sebuah wadah untuk orang yang bekerja di media, para jurnalis untuk bisa bertahan dengan ketatnya persaingan.

Bradshaw mencoba mengubah keterbatasan dalam teknik pengumpulan, produksi dan distribusi berita secara digital. Perubahan terletak model produksi berita kini bersama dengan modus jaringan operasi yang di mana semua orang bisa mengambil peran editorial dan distribusi.

Semua perubahan yang dikenalkan oleh Bradshaw dikarenakan lahirnya internet. Suasana akan tetap sama pada ruangan ‘pengemasan’ berita bila tidak ada internet. Dengan kemudahan dan kecanggihan yang telah internet tawarkan memudahkan jurnalis untuk mengajukan dan mengakses pertanyaan menjadi lebih praktis.

Model yang diperkenalkan oleh Paul Bradshaw :

News production
Newsgathering
Post-publication
Distribution
Business models
Personnel
Raising the bar

Digitalisasi dan konvergensi media memberikan taawaran baru untuk menghasilkan uang. Untuk dapat bersaingan di pasar baru, organisasi media harus bisa mengadopsi strategi baru menggunakan web. Jurnalis media cetak juga diharuskan untuk bisa beradaptasi dengan memproduksi berita secara cepat dan menjadi yang pertama. Selain itu juga bersamaan dengan news production, news distribution.

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya jurnalis harus bisa mengumpulkan, memproduksi, dan menyebarkan berita secara bersamaan. Seperti itulah produksi berrita dalam dunia digital, setidaknya jurnalis harus bisa benar-benar dalam memberikan verifikasi dan kedalam berita yang akan disampaikan untuk publik.

[caption caption="Pengemasan Berita dengan News Diamond"][/caption]News Diamond, merupakan istilah yang dibawa oleh ruang ‘pengemasan’ berita pada abad 21. News Diamond diadopsi dan diadaptasi dari sejumlah organisasi berita yang berada di Inggris. Penjelasan dari tiap unsur yang terdapat dalam news diamond antara lain :

Model dalam ruangan ‘pengemasan’ berita juga harus cepat. Speed atau kecepatan merupakan hal yang penting dalam dunia jurnalisme. Jurnalis berlomba-lomba untuk menyajikan dan menyiarkan berita seccara cepat. Setidaknya narasumber, gambar, reaksi, dan analisis didapatkan lebih cepat. Jurnalis juga dituntut untuk bisa melakukan verifikasi kebenaran berita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline