Lihat ke Halaman Asli

ketika Media Otomotif Online bersaing

Diperbarui: 30 Agustus 2017   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

mungkin di kalangan pembaca online atau yang sering mencari info soal mobil dan motor pasti bakal melihat beberapa media online yang menyertakan kolom otomotif atau yang memang spesial di otomotif. memang, saat ini banyak sekali yang terjun atau membuat tulisan soal otomotif. bahkan, bisa dibilang cukup banyak yang berlomba untuk menghasilkan berita yang bagus sekali dengan imbuhan video segala.

kalau melihat lagi, saya termasuk yang pernah merasakan kerja di dunia media otomotif yang bisa dibilang satu Newbie dan satu lagi berpengalaman. bahkan keduanya terasa berbeda sekali. bahkan rasanya kok ada yang berbeda saja. mungkin itu perasaan saya. memang saya waktu itu magang di Motor Plus. betul, majalah yang membahas Roda dua dengan detail dan penuh kematangan. bahkan, kerja disana seperti bermain bahkan tawa canda pun berasa seperti sebuah tongkrongan meskipun ada kalanya seriusnya seh.

sedangkan media kedua adalah Autonetmagz.com, hmmm kalau yang ini memang masih Newbie dalam dunia otomotif tapi gebrakan berani mereka patut diacungi jempol. dan rasanya saya sendiri seperti kewalahan ngikuti mereka karena jelas masih ada tanggung jawab kuliah yang harus diselesaikan.

mungkin mereka yang paling berani atau memang adanya waktu luang untuk membangun online seperti mereka. tapi sebenarnya fokus mereka di youtube seh. sungguh cara yang hebat dan radikal di kala semuanya menulis saja dan tanpa ada visual. meskipun banyak media yang akhirnya ikut-ikutan gaya mereka sendiri. saya sendiri tahu banget cara pembuatan mereka yang cukup apik dan bagus. tapi sayangnya saya sempat berdebat hebat dengan pemred nya yang kebetulan berlawanan paham dan pemikiran saja.

tapi banyaknya media online yang membahas dunia otomotif membuat kita berpikir apakah nanti akan menjadi seperti yang kita lihat atau cuman menjadi pemanis produsen mobil lagi dan lagi. memang, terlalu subjektif bahaya tapi terlalu memuja menjadi bumerang juga.

nah, kalau begini seh kita yang pembaca akan subyektif percaya yang mana. karena kita kan sebagai pembaca melihat isi yang mereka buat toh. lagian segmen yang dituju juga bisa berbeda-beda ada yang segmen anak muda ada yang segmen mid age atau segmen yang very segmented sekali. dan semuanya itu tergantung pembacanya seh....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline