KERANGKA PENGETAHUAN KONTEN, PEDAGOGIK, TEKNOLOGIS ( TPACK)
Oleh : Adiyana Adam,. Wahdiah
A. Pendahuluan dan Signifikansi Masaalah
1. Pendahuluan
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam sebuah pembelajarann terdapat interaksii antara pendidik dan peserta didik. Yang mana seorangg pendidikk mempraktekan keahlian pengetahun khusus mereka didalam kelas dengan menggunakan berbagai macam cara, maupun media pembelajaran.
Seorang pendidik akan mempraktekan keahlian pengetahuannya dalam konteks yang sangat dinamis sehingga dia harus terus menerus mengubah dan mengembangkan tehnik pembelajarannya agar proses pembelajaran dapat terasa sangat fleksibel dengan pengetahuan guru yang kaya dan terintegrasi dengan tujuan pembelajaran. Pengetahuan guru yang fleksibel tersebut didalamnya termasuk pengetahun tentang materi pembelajaran maupun tentang teknologi pembelajaran.
Seorang pendidik yang kurang memahami teknologi pembelajaran akan terasa rumit dalam mengimplikasikan pada materi pembelajaran apalagi jika teknologi tersebut masih dibilang baru. Teknologi yang dimaksud dalam makalah ini adalah yang dianalogikan dengan teknologi sistim digital yang digunakan sebagai media pembelajaran secara kompleks . Tetapi sebagian besar teknologi yang digunakan saat ini memiliki sifat bawaan sehingga dalam penerapannya terasa sangat sulit
Dalam menghadapi tantangan seperti ini bagaimana seorang pendidik bisa mengintegrasikan teknologi kedalam cara mengajar mereka. Hal ini tentu memerlukan satu pemahaman bahwa pembelajaran adalah apa yang diketahui pendidik ( conten knowledge), bagaimana mereka menerapkan apa yang mereka ketahui ( pedagogiccal knowledgge) serta pengetahuann tentangg cara menggunakan teknology (technological kknowledge)[1] . Tidakaada "satupunacaraaterbaik" untukamengintegrasikanateknologi ke dalam kurikulum. aSebaliknya, upayaaintegrasiaharusadirancangaatau disusun secara kreatif aide-ideamateri pelajaran tertentu dalam konteksakelas tertentu pula[2]
Seiring dengan pemahaman bahwa mengajar dengan penguasaan teknologi adalah suatu hal yang sangat penting dengan mengintegrasikan teknologi kedalam materi pembelajaran maka dibutuhkan pendidik yang dapat memahami maupun bisa menggunakan teknologi pembelajaran
Intisari dari pengajaran yang baik dengann penggunaan teknology yakni 3 komponen intii: conten, pedagogy, dan teknology, begitu pula dengan hubungan antar ketiga komponen . Ketigaa basiss pengetahuan ini (Conten, pedagogy, dan teknology) membentukk inti dari kerangka teknology, pedagogy, dan pengetahuan konten (TPACK).
Begitu pentingnya pengunaan teknologi pada erarevolusi industri sekarang ini sehingga para calon pendidikpun dipastikan harus mempunyai pengusaan terhadap teknologi pembelajaran yang terbaru agar pengintegrasian teknologi dalam proses belajar mengajar dapat di lakukan secara efektif.