Lihat ke Halaman Asli

ADIYANA ADAM

Dosen IAIN Ternate

Waktu.. adalah Kado Terindah

Diperbarui: 1 Maret 2022   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                  Ilustarsi gambar:Selisip.com

Oleh.Adiyana.A

Terkejut aku tetiba dibangunkan oleh anak-anak dan suami tepat pukul 24.15 menit.Dengan penuh kantuk aku bangun  dan melihat mereka    membawa sepiring kueh yang diatasnya tertulis  selamat ulang tahun yang ke lima puluh lima. " Selamat Ulang Tahun Mama"  ucap anak-anak bersamaan. Ku hampiri  mereka , masih dengan rasa kantuk , kemudian menyalami anak anak satu persatu .

Makasih nak, dalam hatiku. Mereka selalu mengingatkan aku setiap kali aku berulang tahun. Kali ini tanpa sadar ternyata mereka kembali mengingatkan bahwa pada hari ini aku telah berusia  55 tahun. Kembali aku berpikir bahwa  usia 55 tahun adalah bukan waktu yang sebentar untuk melalui  perjalanan panjang kehidupan. Hari demi hari telah dilalui  hingga bertemu lagi  pada hari ini. Pada satu sisi Aku sangat  berterima Kasih kepada Yang Maha Kuasa karena telah diberikan  kesempatan masih bersama sama dengan keluarga ku hingga saat ini.  Ucapan " selamat Ulang Tahun " dari anak anak  bukanlah hal yang special bagiku, karena ucapan itu adalah  hal biasa yang selalu aku  terima ketika ulangtahun tetapi seiring berjalannya waktu, kata ucapan itu memiliki makna yang lebih mendalam perhatian anak-anak kepada ku membuat  hari ini semakin bermakna , bahwa sebesar apapun anak-anakku sekarang mereka tetap anak-anakku yang masih memerlukan perhatian dan pelukan dari ku

Tidak ada kado ulang tahun malam itu sebagaimana lazimnya yang diterima orang yang sedang berulang tahun. Tapi  aku tahu bahwa kado special dari mereka adalah doa-doa  dari hati mereka untukku agar aku selalu diberikan umur yang panjang dan tetap bersama mereka.

Ulang Tahun bagi ku bukanlah kita terlahir  menjadi " Manusia Baru " kembali  di dunia ini, tetapi lebih dari itu, ulang tahun adalah bagaimana kita mempertanggung jawabkan hidup kita agar semakin baik dari tahun sebelumnya, Seiring rutinitas  yang kita lakukan karena pekerjaan dan profesi kita kadang  kita lupa hal-hal  penting dalam kehidupan, yaitu memaknai hidup itu sendiri. Hidup bukan  yang bukan hanya untuk hidup saja , tetapi untuk menyiapkan kehidupan yang akan datang di alam baka.

Mungkin  ucapan ulang tahun buatku kali ini mengingatkan aku pada satu pertanyaan : "Kamu semakin tua, dan apa yang sudah kamu lakukan? Dan Kado terindah bagiku adalah " WAKTU" karena aku masih diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tadi.

Ternate, 26 Febr 1967- 26 Febr 2022




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline