Lihat ke Halaman Asli

Efek Ahok

Diperbarui: 22 November 2016   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ini yang buat saya geleng-geleng. Pernyataan Ahok soal surat Al-Maidah itu membuat negara ini goncang. Betapa tidak, karena ucapan dia demo besar-besaran terjadi pada 4 November lalu.

Demo yang diikuti oleh puluhan bahkan katanya ratusan ribu itu menjadi bagian dari sejarah demo terbesar setelah demo Mei 1998 silam. Demo itu hanya karena ucapan seorang Ahok.

Saya kira demo 4/11 lalu sangat erat kaitannya dengan pilkada DKI nanti. Ya, itu tidak bisa dibantahkan. Karena banyak pihak yang tidak suka dengan Ahok seperti FPI contohnya, yang sejak dulu tidak terima kalau Ahok jadi gubernur.

Ini bisa kita gambarkan sebagai ujian kedewasaan berdemokrasi kita. Sampai manakah kita mampu merawat demokrasi yang sudah kita susah payah bangun selepas ambruknya orde baru.

Kita jangan sampai terpecah belah hanya karena gara-gara masalah ini. Ingat kita ini tengah dilihat oleh masyarakat dunia. Sebab kita ini bisa dikatakan sebagai salah satu contoh negara demokrasi yang baik.

Saya kira kita jangan mau diadu domba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Yang ingin memanfaatkan kejadian ini sebagai momentum melancarkan ambisinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline