Pada saat ini Media sosial memberian dampak yang besar terhadap kehidupan di masyarakat, Media sosial membuat kerjaan kita menjadi lebih efisien, ,misalnya saat kita ingin mempromosikan produk yang ita buat, kitab isa mempromosikan nya di Media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, line dan media online lainnya. Media sosial tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja tetapi bisa menjadi media yang membuat kita menjadi lebih update dengan berbagai konten yang diberikan dan juga memiliki durasi waktu yang singkat maupun panjang yang bertujuan memberikan informasi kepada kita.
Tidak sedikitnya dijaman sekarang khususnya masyarakat yang baru mengenal Media sosial, Media sosial saat ini sangat perlu dibutuhan oleh masyarakat bahkan mahasiswa yang menggunakanya untuk kepentingan sendiri maupun semua. Perkembangan teknologi mengalami kemajuan dengan nirkabel sehingga muncul lah internet dan diikuti bersama Media sosial lainnya.
Media sosial kini telah memberikan kontribusi bagi masyarakat yang ingin melancarkan usaha mereka dengan memanfaatkan media sosial, buktinya terlihat dari adanya platform yang tersedia di beberapa platform media sosial untuk melaksanakan promosi usaha, seperti whatsaap dengan akun bisnis, instagram akun bisnis, facebook halaman bisnis, dan juga terdapat fitur promosi yang ditawarkan di setiap media sosial tersebut dengan biaya yang sangat murah apabila dibandingkan dengan menggunakan media televisi untuk melancarkan promosi. Sehingga apabila semua ciri itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat maka tentu saja kegiatan promosi akan dapat dilakukan dengan mudah. Ini juga akan memberikan kesempatan bagi setiap masyarakat untuk melakukan aktivitas usaha tanpa harus memiliki modal yang besar terlebih dahulu.
Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh CNBN Indonesia (Januari 2021) diketahui bahwa Peter Lydian menyebutkan penggunaan Platfom Interaksi Online di masa pandemi mengalami peningkatan yang cukup besar mencapai 59%, dan percepatan pengguna internet yang meningkat saat ini juga dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mendorong bisnis melalui jaringan sosial di Indonesia. Peningkatan penggunaan media sosial tidak serta merta membuat masyarakat dapat memanfaatkan media sosial dengan sepenuhnya dengan segala fasilitas yang disediakan.
Dampak Media Sosial bagi Ekonomi :
Impak positif media sosial dari perspektif perniagaan boleh meningkatkan keuntungan
jualan produk, meningkatkan reputasi syarikat atau organisasi dan boleh
menjana kerjasama perniagaan yang meluas. Tetapi terdapat juga kesan negatif seperti promosi produk yang tidak sesuai, penyebaran berita palsu, yang menyebabkan persaingan tidak sehat.
Berikut adalah perincian mengenai kesan media sosial dalam perubahan ekonomi:
1. Pemasaran dan Promosi:
Media sosial menjadi platform utama untuk pemasaran dan promosi produk atau layanan. Bisnis bisa mencapai pangsa pasar yang lebih luas secara internasional tanpa perlu mengeluarkan biaya iklan yang besar. Kemampuan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan juga meningkat, memungkinkan perusahaan memahami kebutuhan pasar dengan lebih baik.
2. Ekonomi Berbagi:
Konsep bisnis berbagi atau ekonomi kolaboratif semakin berkembang berkat platform-platform media sosial. Platform seperti Uber, Airbnb, dan TaskRabbit memanfaatkan interaksi sosial untuk menghubungkan penyedia jasa dengan pengguna. Ini menciptakan kesempatan ekonomi baru dan memungkinkan pengguna memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dengan lebih efektif.
3. Pekerjaan Adaptif: