Tahun 2011, sekitar bulan Januari - Februari. Itu adalah pertama kali Saya "kenal" dengan "makhluk" bernama internet marketing. Waktu itu teman SMA Saya (Saiful Bahri Sidabalok) mengajak Saya untuk JOIN di kursus bisnis online. Asian Brain namanya.
Para internet marketer zaman old pasti sudah sangat familiar dengan kursus online milik Anne Ahira ini.
Di tahun itu (2011) Saya sedang mencari pekerjaan seperti orang pada umumnya. Karena 1 tahun sebelumnya (September 2010) Saya baru lulus S1 Ekonomi di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.
Saya pikir untuk mengisi kekosongan, tidak ada salahnya Saya ikut kursus bisnis online itu. Singkat kata, Saya pun mendaftar untuk ikut kursus internet marketing dan bisnis online Asian Brain selama 1 Tahun.
Uangnya dari mana? Pinjam uang orang tua. Dari Asian Brain ini Saya awal mula tahu tentang SEO, dan beberapa cara monetize lainnya seperti adsense, clickbank, amazon, hingga jual beli online (Online shop).
FYI, waktu itu online shop belum "secanggih" seperti saat ini.
Inti dari internet marketing adalah memasarkan produk dan atau jasa tertentu dengan menggunakan media internet. Misalnya seperti mesin pencari google, media sosial facebook, dan berbagai channel pemasaran lainnya.
Orang yang menekuni aktivitas internet marketing ini disebut sebagai internet marketer. Dan bisa kita simpulkan kalau para internet marketer ini "jago jualan" di ranah online.
TAPI, untuk jadi internet marketer yang sukses, skill jualan online saja tidaklah cukup. Karena tetap dibutuhkan visi jangka panjang supaya tetap bisa (Minimal) bertahan di bidang ini.
Contoh:
Ada internet marketer yang "tidak setia" pada produk tertentu. Karena yang menjadi concern mereka adalah PROFIT. Sepanjang ada produk yang sedang HOT dan punya margin cukup, SIKAT.