Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Undip Melakukan Edukasi Manfaat Masker dan Cara Penggunaannya Melalui Media Poster

Diperbarui: 11 Februari 2022   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kelurahan Bulustalan, Kota Semarang (11/2/2022) -- Situasi di Indonesia saat ini memperlihatkan bahwa masih ada beberapa masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan, salah satunya yaitu masih banyak warga yang tidak memakai masker ataupun sudah menggunakan masker tetapi yang tidak mengetahui standar memakai masker yang baik dan benar. Sebagaimana anjuran dari WHO yakni coronavirus adalah virus saluran napas yang sumber penyebaran utamanya adalah melalui cipratan (droplets) dari seseorang terinfeksi coronavirus ketika batuk atau bersin, atau cairan atau cipratan liur atau cairan yang keluar dari hidung. Maka dari itu, penting untuk menerapkan kebersihan jaluran napas. Seperti menutup mulut ketika batuk atau bersin menggunakan tisu dan segera membuangnya ke tempat sampah, serta menggunakan masker.

Tidak sedikit orang menjadi lalai dan mulai melakukan protokol kesehatan yang satu ini dengan sembarangan. Misalnya, hanya menggantungkan masker di satu telinga saja, menurunkan masker ke bawah hidung sehingga hanya menutupi mulut saja, atau bahkan menarik masker hingga ke bawah dagu. Nah, penggunaan masker yang tidak benar seperti itu bisa mengurangi efektivitas masker dan meningkatkan risiko pemakainya untuk terkena virus corona.

Perlu dipahami, masker baru bisa memberikan perlindungan yang efektif bila digunakan dengan benar. Jadi, bukan hanya sekadar memakainya saja, cara penggunaan masker pun harus benar agar bisa melindungi kamu dari virus corona. Masker merupakan penghalang sederhana yang bisa membantu mencegah percikan pernapasan yang berisi virus dari orang lain masuk ke dalam tubuh kamu.

Studi menunjukkan bahwa manfaat penggunaan masker yang benar, yaitu yang dikenakan menutupi hidung dan mulut bisa mengurangi semburan percikan. Tidak hanya saat beraktivitas di luar rumah, penting juga bagi kamu untuk menggunakan masker ketika berada di dalam ruangan dengan orang-orang yang tidak tinggal bersama kamu. Pakai masker juga ketika berinteraksi dengan orang lain yang tidak memungkinkan kamu menjaga jarak setidaknya 2 meter. Hal itu karena Covid-19 menyebar terutama di antara orang-orang yang melakukan kontak dekat satu sama lain.

Dokpri

Di masa pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini, masker menjadi kebutuhan esensial yang harus dimiliki semua orang. Ketika berpergian ke luar rumah, penggunaan masker menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk mencegah penularan virus corona. Mengetahui hal tersebut, Aditya Ardiyanto Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro dari TIM I KKN UNDIP 2021/2022 berupaya untuk meningkatkan kesadaran siswa-siswi sekolah dasar dengan melakukan kegiatan edukasi terkait manfaat masker dan cara penggunaannya. Kemudian poster tersebut ditempelkan di mading sekolah dasar di Kelurahan Bulustalan. Harapannya siswa siswi sekolah dasar di Kelurahan Bulustalan dapat memakai masker di aktivitas sehari-hari dan dapat menggunakan masker dengan benar dan baik.

Penulis : Aditya Ardiyanto (Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas diponegoro)

DPL     : Prof. Dr. Ari Pradhanawati, M.S.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline