Press release merupakan sebuah informasi yang dibuat dan disusun oleh PR melalui media massa atau surat kabar baik online maupun offline yang bertujuan memberikan informasi kepada publik. Press release bisa juga disebut sebua berita untuk surat kabar maupun media massa. Contohnya Anda ingin memperkenalkan usaha, perusahaan, ataupun produk anda melalui press release. Karena media massa mempunyai traffic besar yang akan membawa brand awareness yang besar terhadap perusahaan, produk atau bisnis anda.
Supaya press release yang dibuat bisa memenuhi kualifikasi untuk diterbitkan pada media massa, maka wajib mengetahui motede penyusunan press release yang baik dan benar. Lewat metode penyusunan press release yang simpel ini, kita hendak bersama menekuni apa saja yang dibutuhkan saat sebelum, kala, serta sehabis menulis press release.
Teknik metode penyusunan press release yaitu saat sebelum mulai menyusun naskah press release harus memastikan tema atau topik terlebih dahulu, tema bisa diperuntukan sebagi judul pres release, gunakan judul yang unik sehingga pembaca tertarik untuk membaca press release. Makai tata cara piramida terbalik, pemakaian tata cara piramida terbalik akan menciptakan tulisan yang menarik dan bermutu. Memakai faktor 5W + 1H, faktor ini sangat berguna dalam mengantarkan informasi dengan tepat dan benar.
Memakai ilustrasi yang baik, bertujuan untuk meningkatkan rasa keingintahuan pembaca atas release kalian dengan memakai foto ilustrasi. Kemudian melakukan pengecekan ulang untuk mengurangi typo, sehabis draf press release disusun wajib meminta konfirmasi kepada atasan supaya release memperoleh persetujuan lalu mengirimkan press release lebih dini, semakin cepat, semkain besar kesempatan untuk memperoleh coverage pemberitaan. Sehabis media menerbitkan prss release jangan lupa mengucapkan terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H