Lihat ke Halaman Asli

Pemberdayaan Kelompok Usaha pada Era Digital

Diperbarui: 1 September 2022   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Secara umum pemberdayaan memiliki berbagai macam pengertian, beberapa pengertian pemberdayaan dari berbagai tokoh, diantaranya adalah sebagai berikut: 

Menurut Eddy Papilaya yang dikutip oleh Zubaedi, bahwa Pemberdayaan adalah upaya untuk membangun kemampuan masyarakat, dengan mendorong, memptivasi, membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi tindakan nyata.

Selaras dengan yang diungkapkan oleh Zubaedi, bahwa Ginandjar Kartasasmitha menyatakan bahwa pemberdayaan adalah suatu upaya untuk membangun daya itu, dengan cara mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimilikinya serta berupaya untuk mengembangkannya.

Dalam pemberdayaan kelompok usaha di era digital, hal yang harus di pikirkan kemudian di rancang adalah strategi pemasaran. Suatu produk yang baik akan menjadi percuma jika tidak diimbangi dengan strategi pemasaran yang tepat.

Hal ini karena tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat, maka akan sulit untuk menjual suatu produk bahkan mengembangkan suatu bisnis. mengingat saat ini, jumlah pesaing yang sudah semakin tinggi di berbagai bidang bisnis termasuk dalam bisnis.

Untuk itulah, dalam hal ini mengetahui strategi pemasaran itu sangatlah penting. Sehingga dapat merancang strategi pemasaran dengan baik, sehingga dapat menjangkau dan menjaring konsumen lebih banyak dan mudah menggunakan strategi sebagai berikut :
Komunikasi

Komunikasi bukan hanya sekedar promosi saja, agar bisa memahami apa yang mereka butuhkan, Langkah lain yang harus kita lakukan adalah melalui Media Sosial. 

Dengan melakukan promosi gula aren di media sosial maka di harapkan jangkauanya akan mencakup secara luas, dan menjalin komunikasi dengan konten yang kita sajikan terhadap calon konsumen,dan berharap calon pembeli akan tertarik dengan produk yang kita jual.

Memberikan Manfaat Strategis

Adalah manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen terkait manfaat  produk yang ditawarkan oleh penjual sehingga konsumen akan berfikir bahwa produk yang akan di tawarkan memiliki segudang manfaat.

Memanfaatkan  Berbagai Media Dan Aplikasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline