Lihat ke Halaman Asli

Aditya Prahara

TERVERIFIKASI

Kans Besar Barcelona Juarai Piala Raja Spanyol 2015

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1422590780672083053

[caption id="attachment_366623" align="aligncenter" width="660" caption="Para Pemain Barcelona Merayakan Gol (sumber: hoyenfutbol.com)"][/caption]

Setelah mengandaskan perjuangan Atletico Madrid di hadapan pendukungnya sendiri (28/1) dengan skor 3-2, Barcelona pun lolos menjadi semifinalis Copa del Rey atau Piala Raja Spanyol dengan agregat 4-2. Meski baru sampai semi final—terlepas dari pertandingan kontroversial Atleti vs Barca, Barcelona memiliki kans yang sangat besar untuk menjuarai kompetisi yang sudah berlangsung sejak 1903 itu. Mengapa demikian?

Saingan Terberat Sudah Tersingkir

[caption id="attachment_366624" align="aligncenter" width="620" caption="Real Madrid dan Atletico Madrid (sumber: goalsider.com)"]

14225908281526850315

[/caption]

Real Madrid dan Atletico Madrid adalah saingan terbesar Barcelona dalam meraih trofi ini. Dua klub asal kota Madrid ini adalah tim yang sangat kuat, hal ini dibuktikan dengan kemampuan mereka yang pada musim 2013/2014 berhasil lolos menjadi finalis Liga Champions UEFA. Terlebih lagi Los Blancos dan Los Rojiblancos merupakan juara dalam dua edisi terakhir Copa del Rey yakni pada 2013 dan 2014. Apalagi kini ketiga tim tersebut—Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona—merupakan tiga tim teratas penghuni klasemen sementara Primera Division. Yang lebih membuat khawatir lagi, Real Madrid dan Atletico Madrid adalah biang keladi kegagalan Barcelona dalam meraih trofi pada akhir musim lalu. Tengok saja, Real Madrid berhasil meraih double winner dengan trofi Copa del rey dan Liga Champions UEFA. Sedangkan Atletico Madrid sukses meraih trofi Primera Divison sekaligus merusak dominasi duo Real Madrid dan Barcelona sejak terakhir dilakukan Valencia pada 2004. Wajar saja Barcelona menganggap klub yang diasuh oleh Carlo Ancelotti dan Diego Simeone itu merupakan saingan terberat mereka.

Kebangkitan Anak Asuh Luis Enrique

[caption id="attachment_366625" align="aligncenter" width="650" caption="Trio MSN (sumber: www.dailystar.com)"]

1422590919513548904

[/caption]

Setelah sempat terjadi kisruh di tubuh Barca yang diawali oleh pencadangan Messi yang membuatnya ingin hengkang, kini trio MSN (Messi-Suarez-Neymar) menjadi momok yang menakutkan bagi barisan pertahanan lawan. Hal ini tidak terlepas dari campur tangan sang juru taktik yang dipuji bisa menyatukan tim terlebih lagi membuat trio strikernya itu menjadi trisula yang menakutkan. Di pentas Primera Division, Messi dan Neymar sukses menghuni peringkat dua dan tiga sebagai top skor sementara dengan 21 dan 14 gol, meski Suarez hanya mampu mencetak dua gol. Sedangkan di pentas Copa del Rey, Neymar sudah empat kali menjaringkan bola ke gawang lawang. Di pentas Copa del Rey, top skor Barcelona justru bukanlah salah satu dari trio di atas, melainkan Pedro Rodriguez dengan lima gol. Hal ini justru menambah kekuatan lini depan sang raksasa Catalan ini. Dengan kebangkitan yang mereka miliki ini, pantas kiranya Barcelona menjadi unggulan dalam ajang Piala Raja Spanyol ini.

Lawan yang Tersisa Hanyalah ‘Tim Penggembira’

Setelah pertandingan semalam, Athletic Bilbao, Espanyol dan Villareal menggenapi jatah kosong semifinal Copa del Rey karena Barcelona memang bertanding sehari sebelumnya. Bagi beberapa orang, tiga tim ini tak lebih hanyalah 'tim penggembira' saja, karena sudah jelas tim asuhan Luis Enrique—pelatih Barcelona—sudah pasti menjuarai kompetisi Copa del Rey. Tengok saja di klasemen sementara Primera Division, Athletic Bilbao ‘hanya’ bercokol di posisi 13, sedangkan Espanyol ada di posisi sembilan. Nasib lebih baik didapat oleh Villareal yang ada di peringkat enam klasemen sementara.

Jadi…

Dengan fakta tersebut di atas, ditambah dengan kekuatan dan kualitas pemain yang mumpuni pantas kiranya Blaugrana diunggulkan untuk menjuarai Piala Raja Spanyol 2015. Hal ini bukanlah omong kosong belaka. Barcelona memanglah klub besar yang memiliki banyak pemain hebat terlebih lagi salah satu pemain terbaik dunia, Lionel Messi. Namun, Luis Enrique dan anak asuhnya harus tetap waspada dan tidak boleh angkuh. Setiap tim memiliki kesempatan yang sama untuk jadi juara. Kini tergantung masing-masing tim bagaimana dapat memanfaatkan kesempatan itu dengan baik.

Jember, 30 Januari 2015




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline