Penulis : Aditya Pradana
Latar Belakang
Dunia sedang diuji dengan pandemi covid-19 sehingga menyebabkan pembelajaran dialihkan ke rumah secara daring. Pembelajaran daring tentu membutuhkan tambahan media karena pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh. Media pembelajaran yang dimaksud merupakan berbagai platform pendidikan yang tersedia di telepon seluler dan membutuhkan jaringan internet. Jaringan internet di setiap daerah berbeda-beda,
ada yang stabil dan ada pula yang kurang stabil. Jaringan internet yang dimiliki guru maupun siswa di SMA Negeri 1 Purwantoro terkadang stabil, namun tak jarang pula sulit oleh karena itu, guru perlu memilih media yang praktis, hemat kuota dan dapat dijangkau di
beberapa wilayah yang jaringan internetnya kurang stabil, namun hendaknya mempertimbangkan adanya tatap muka walaupun secara tidak langsung. Adanya tatap muka secara tidak langsung minimal muncul wajah gurunya membuat siswa tetap merasa dijelaskan oleh guru sehingga tidak sekedar dikirimkan materi. Pembelajaran di tengah-tengah jaringan internet yang tidak stabil
dengan mempertimbangkan adanya tatap muka secara tidak langsung salah satunya dapat diatasi dengan
mengombinasikan berbagai macam media supaya pembelajaran tetap efektif. Media yang dipilih penulis untuk dikombinasikan adalah Whatsapp, Google Classroom dan Zoom Meeting. Ketiga media tersebut membutuhkan jaringan internet, namun masih tetap dapat digunakan di tempat yang jaringan internetnya kurang stabil.
Rumusan Masalah
- Bagaimanakah cara mengombinasikan Aplikasi Whatsapp, Google Classroom dan Zoom Meeting supaya pembelajaran sejarah efektif ?
Tujuan
- Untuk mengetahui cara mengombinasikan Aplikasi Whatsapp, Google Classroom dan Zoom Meeting supaya pembelajaran efektif
Pembahasan
Aplikasi Whatsapp mempunyai berbagai macam fitur diantaranya, Gallery untuk menambahkan foto, Contact untuk menyisipkan kontak, Camera untuk mengambil gambar, Audio untuk mengirim pesan suara, Maps untuk mengirimkan berbagai koordinat peta, bahkan Dokumen untuk menyisipkan file berupa dokumen.