Lihat ke Halaman Asli

Ketika Kata Semanis Coklat

Diperbarui: 5 Januari 2017   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Semua orang pasti menyukai chocolate mulai dari milk chocolate,bittersweet chocolate hingga dark chocolate dengan kandungan lebih dari 70% cocoa murni.Siapa sangka Chocolate dengan kandungan cocoa tinggi bisa menurunkan stress bagi yang mengkonsumsinya.Di Indonesia tersebar berbagai merk produsen chocolate di pasaran dengan kualitas baik.Salah satunya yaitu cadbury dengan berbagai strategi marketing yang berhasil menarik minat konsumen Indonesia

Banyak sekali strategi cadbury yang telah dijalankan dan bisa dikatakan berhasil untuk menarik minat pasar setiap tahunnya.Secara keseluruhan, Cadbury menggunakan Integrated Marketing Campaign dalam mengembangkan bisnis mereka sebagai berikut:

  • ATL (Above The Line): TVC, social media paid post, digital video, digital web banner and display.
  • BTL (Below The Line): Event activation, instore POS (point of sales), promotion, partnership, sponsorship.
  • Kalender aktivasi pada hari-hari berikut di mana konsumsi coklat mengalami penigkatan:Valentine, Hari Raya Agama, Hari Kemerdekaan Indonesia.

Bentuk nyata dari penerapan strategi marketing cadbury dengan ikut merayakan hari valentine dengan campaign mereka #Sayitwithsilk

Mengutip dari brand equity yang dimiliki oleh Cadbury:

“Smooth Chocolate for Youngsters/Millenial to RELEASE AND MULTIPLY their Joy.”

Caranya adalah dengan menunjukkan value dari pesan tersebut yakni:

“By multiplying the joy in the world through the enchanting world of Cadbury Dairy Milk and being magical in everything we do. As they say, a joy shared is a joy multiplied.”

Dari konsep strategi yang telah Cadbury lakukan maka bisa disimpulkan teori komunikasi yang cocok yaitu teori dari “Kotler and Keller”.Inti dari teori tersebut adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Sasaran dari bisnis adalah mengantarkan nilai pelanggan untuk menghasilkan laba.

Konsep ini berorientasi pada tingkat penjualan, dimana pemasar beranggapan bahwa konsumen harus dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat. Konsep ini mengansumsikan bahwa konsumen umumnya menunjukkan keengganan untuk membeli sehingga harus dibujuk supaya membeli. Yang dilakukan oleh Cadbury adalah memanfaatkan hari Valentine untuk meningkatkan penjualan cokelatnya, karena umumnya orang tidak akan membeli cokelat setiap hari, pada hari spesial tertentu penjualan Cadbury dapat ditingkatkan.

Integrated Marketing, lebih merencanakan kegiatan pemasaran dan merakit program pemasaran yang sepenuhnya terpadu untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai bagi konsumen. Dengan kata lain, rancangan dan penerapan dari suatu aktivitas pemasaran adalah dengan melakukan bisnis secara menyeluruh dalam manajemen permintaan, manajemen sumber daya dan manajemen jaringan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline