Lihat ke Halaman Asli

Aditya Perdana

moviegoer-turn-writer

Deadpool di "Doctor Strange in the Multiverse of Madness"?

Diperbarui: 20 Februari 2022   11:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Dr. Strange (MCU Wiki) & Deadpool (Kindpng)/Edit Gambar: Aditya Perdana 

Belakangan ini, film Doctor Strange in the Multiverse of Madness (MoM) telah menjadi tren pembicaraan hangat di kalangan para netizens, terutama para penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU). Sejak trailer-nya dirilis pada Valentine's Day lalu oleh Marvel Studios, MoM mendominasi obrolan di berbagai platform media sosial, seperti Twitter dan Instagram. Belum lagi begitu poster resminya yang kece badai diluncurkan, berbagai spekulasi, teori, dan analisa dari para penggemar seketika bermunculan. Hal ini tidak mengejutkan karena kisah sekuel Doctor Strange akan sepenuhnya fokus pada konsep multisemesta yang telah diperkenalkan secara perlahan oleh Marvel Studios pada beberapa film dan serial MCU sebelumnya, seperti Loki, What If, dan yang paling fenomenal Spider-Man: No Way Home. 

Salah satu topik yang paling sering dibahas adalah siapa saja karakter Marvel yang akan muncul di film MoM. Para penggemar yakin setidaknya aktor Patrick Stewart akan kembali berperan sebagai Professor Charles Xavier alias Professor X dari tim pahlawan super X-Men. Pada salah satu adegan di trailer-nya MoM, diperlihatkan Doctor Strange ditangkap dan dibawa ke suatu ruangan untuk menghadap sekelompok orang yang duduk di suatu singgasana. Kemudian, sosok orang yang secara samar mirip Professor X tampil dan berkata, "we need to tell him the truth".  Selain itu, teori penggemar juga menyimpulkan bahwa beberapa varian pahlawan super MCU akan melakukan cameo, antara lain Superior Iron Man (rumornya diperankan Tom Cruise), Captain Marvel versi Maria Rambeau (Lashana Lynch), Reed Richards alias Mr. Fantastic dari Fantastic Four (John Krasinski), penyihir Clea (Charlize Theron), Spider-Man dari Raimiverse (Tobey Maguire), Black Bolt dari Inhumans (Anson Mount), Captain Carter dari What If (Hayley Atwell), hingga yang paling menarik adalah Deadpool (Ryan Reynolds). 

Spekulasi penampilan Deadpool di MoM diawali dari "analisa" para penggemar yang melakukan breakdown terhadap poster resmi MoM. Diduga salah satu serpihan kaca yang pecah di poster itu menampilkan figur Deadpool secara samar (gambar di bawah). Apakah benar itu Deadpool? 

Sumber Gambar: Deadpool (Alchetron.com) & MoM (ComicBook.com)/Edit Gambar: Aditya Perdana

Secara teori, kehadiran Deadpool sebenarnya cukup masuk akal. Karakter ini memiliki kekhasan yang hampir tidak dimiliki oleh karakter Marvel lain, yaitu kemampuannya untuk menyadari bahwa dirinya adalah karakter dalam buku komik, sehingga seringkali dia berbicara kepada pembaca komik (yang dalam seni pertunjukkan sering disebut dengan breaking the fourth wall). Di film Deadpool (2016) dan Deadpool 2 (2018), Ryan Reynolds juga menampilkan ciri khas Deadpool tersebut dengan beberapa kali berbicara kepada penonton dan membuat referensi terkait hal-hal yang ada di dunia nyata. Dengan konsep multisemesta yang menjadi kacau di MoM, tentu Deadpool menjadi karakter yang paling bisa menyadari kekacauan tersebut. Bahkan, mungkin saja Deadpool dapat secara lucu "menyalahkan" kejadian ini sebagai akibat dari akuisisi Fox oleh Disney (yang juga memiliki Marvel Studios). Sebelum akuisisi tersebut, karakter-karakter dari semesta X-Men, termasuk Deadpool, merupakan milik dari Fox.         

Sayangnya, bukti-bukti terkini mengindikasikan bahwa Deadpool tidak akan muncul di MoM. Pada saat diwawancarai oleh jurnalis Marc Malkin dari Variety saat promosi film Netflix, The Adam Project, Ryan Reynolds memastikan bahwa dirinya tidak tampil di film MoM: "Saya sungguh tidak ada di film ini". Lalu, youtuber/podcaster terkenal, John Campea, pada acara The John Campea Show mengkonfirmasi bahwa Ryan Reynolds tidak ada di film MoM berdasarkan informasi dari sumber orang dalam studio yang terpercaya. Sebelumnya, John Campea juga pernah mendapatkan informasi terkait kemunculan Tobey Maguire dan Andrew Garfield di film No Way Home dari sumber yang sama. Nampaknya, bukti-bukti ini cukup valid. 

Mempertimbangkan Marvel Studios yang sangat menjaga rahasia, Ryan Reynolds mungkin saja berusaha menutupi informasi yang sesungguhnya. Andrew Garfield dan Charlie Cox melakukan hal yang sama saat beberapa kali ditanya dalam wawancara mengenai konfirmasi kemunculan Spider-Man versi Webbverse dan Daredevil dari serial Netflix di film No Way Home. Kenyataannya, kedua karakter tersebut memang muncul di film tersebut. Selain itu, John Campea mengakui bahwa dia bertanya apakah Ryan akan tampil di film MoM, bukan menanyakan penampilan Deadpool. Jadi, Deadpool masih mungkin muncul dalam kapasitas tertentu, misal easter egg dalam bentuk poster, disebutkan namanya, atau memang secara mengejutkan tampil sepenuhnya dan berinteraksi dengan karakter lain melalui peran pengganti tapi voice over dari Ryan.

Sumber Gambar: VAVEL Media

Di buku komik Marvel, Deadpool pernah beberapa kali bertemu dengan Doctor Strange. Pada cerita Deadpool #3: Dr. Strange Lives (Or, How I Learned Deadpool Was Da Bomb) yang rilis tahun 2012, Deadpool meminta bantuan Doctor Strange untuk melawan para mayat hidup presiden AS yang dibangkitkan kembali tanpa jiwa oleh kekuatan necromancer. Doctor Strange memberikan Deadpool pedang milik Presiden Washington yang sudah dimantrai sehingga dapat melumpuhkan para mayat hidup tersebut. Di kisah lain, Deadpool Kills the Marvel Universe (2012)Deadpool dari Bumi-12101 dipaksa menjalani eksperimen oleh Dr. Benjamin Brighton alias Psycho-Man yang celakanya justru menghilangkan suara nurani Deadpool dan meninggalkan hanya satu suara yang sadar bahwa seluruh semesta Marvel adalah kebohongan, bahwa dia hanya seorang karakter komik. Hal ini mendorongnya untuk menghabisi seluruh karakter di multisemesta Marvel. Salah satu korban adalah Doctor Stephen Strange saat Deadpool menerobos masuk Sanctum Sanctorum untuk mencari jalan keluar dari Bumi-12101. Hmm, sepertinya cerita ini bisa jadi ide menarik untuk diadaptasi ke dalam film. 

Nah, bagaimana pendapat Anda, apakah benar Deadpool pasti tidak akan muncul di MoM? Doctor Strange in the Multiverse of Madness dikemas secara apik oleh sutradara Sam Raimi (trilogi Spider-Man dari Sony) untuk tayang di bioskop kesayangan Anda pada tanggal 6 Mei 2022. Sementara itu, Deadpool 3 masih akan menunggu kabar selanjutnya untuk penampilan penuh Deadpool di MCU.      




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline