Lihat ke Halaman Asli

aditya hidayat

Profil Pribadi

Perkembangan Covid-19 di Indonesia

Diperbarui: 30 Juli 2021   14:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saat ini, kasus penyabaran virus corona di Indonesia semakin meningkat. Mengutip JHU CSSE COVID-19 Data - Menurut data statistik covid-19 seluruh Indonesia, pada tanggal 24 juli 2021, jumlah korban positif virus corona mencapai angka 3.166.505 kasus. Jumlah ini menjadi lebih besar, jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, yang hanya mencapai 3.127.826 kasus. Itu artinya, dalam satu hari di Indonesia bisa mencapai 38 ribu kasus virus corona.

Disamping peningkatan kasus penyebran virus corona yang semakin melonjak, penambahan angka kesembuhan korban positif covid-19-pun ikut meningkat. Dikutip dari MEDIA INDONESIA - "Recovery rate (rasio kesembuhan) dari seluruh total kasus covid-19 mencapai 82,84%. Angka sembuh dan selesai isolasi covid-19 meningkat dibandingkan sebelumnya, yaitu 80,51%", ujar Juru Bicara Satgas covid-19 Reisa Broto Asmoro dalam acara Dialog Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru yang diselenggarakan Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Jumat (13/11). Ini membuktikan bahwa keberhasilan pemerintah yang bekerja sama dengan tenaga medis Indonesia dalam menangani kasus covid-19 semakin terlihat. Sebagai warga negara Indonesia, diharuskan bagi kita untuk ikiut membantu para tenaga medis dalam pencegahan covid-19, dengan cara selalu menjalankan protokol kesehatan, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin serta melakukan vaksinasi yang telah disediakan di daerah masing-masing.

Dikuip dari KOMPAS.com -- Menurut Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementrian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan, ada beberapa faktor penyebab kesembuhan di Tanah Air mencapai jumlah tersebut.

"Kami bersyukur, banyak sekali yang sudah sembuh karena perawatannya lebih bagus lagi, perhatian rumah rumah sakit dalam memberikan perawatan pasien lebih baik. Ini salah satu indikator (kesembuhan)," kata Yurianto dalam konferensi pers di BNPB.

Diharapkan bagi keluarga pasien covid-19, untuk tidak meragukan tenaga medis Indonesia. Karena dari meningkatnya angka kesembuhan ini, telah terbukti keseriusan para tenaga medis dalam memperhatikan dan merawat pasien covid-19.

            Perlu kita ketahui,  saat ini ada beberapa jenis virus corona yang berbeda baru saja ditemukan. Virus baru tersebut, memiliki gejala yang sering kita anggap sepele. Dikutip dari Kontan.co.id - Berikut gejala yang timbul akibat virus corona yang baru.

Sakit Kepala

Gejala ini sudah sering dialami oleh sebagian besar manusia. Bahkan beberapa dari kita sering menganggap bahwa sakit kepala adalah hal sepele. Namun, siapa menyangka bahwa sakit kepala bisa menjadi bahaya. Sakit kepala jadi salah satu gejala Virus Corona yang perlu Anda waspadai. Alasannya karena Virus Corona dapat menyebabkan inflamasi dan masalah neurologis. Pada penderita Long Covid, sakit kepala bisa bertahan hingga beberapa bulan.

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan juga menjadi gejala covid-19 yang harus kita waspadai. Sakit tenggorokan dapat menyebabkan tenggorokan tidak nyaman dan juga dapat penyebab batuk kering. Hal ini sebagai respon tubuh terhadap virus yang menginfeksi.

Pilek            

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline