Lihat ke Halaman Asli

Simpan Yang Ini, Buang Yang Itu

Diperbarui: 26 Juni 2015   07:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desktop Computer

Seiring dengan perkembangan teknologi, makin banyak pula gadget-gadget baru yang bermunculan. Bila dulu kita hanya mengenal PC, Laptop, dan iPod, kini kita mengenal yang namanya iPad, iTouch, Galaxy Tab, Netbook, maupun Kindle. Bingung menentukan apa saja gadget yang harus anda simpan atau harus anda buang demi gadget baru yang lebih mutakhir? Mungkin artikel ini bisa membantu anda.

PC / Desktop Computer : Anda bukan programmer atau designer? Jual saja.

[caption id="" align="alignleft" width="198" caption="Desktop Computer"][/caption] Saat ini PC sudah banyak ditinggalkan, mengapa? Dari sisi mobilitas, PC jelas tak bisa dibandingkan dengan laptop yang bisa dibawa ke mana-mana, terlebih lagi sejak harga laptop sudah begitu terjangkau. Namun untuk seorang programmer maupun visual designer, atau mungkin Gamer, yang membutuhkan spesifikasi computer tinggi dan tidak mampu membeli laptop yang memenuhi kebutuhannya karena harga yang tinggi, PC sudah menjadi kebutuhan primer. Namun bagi pengguna biasa yang hanya menggunakan computer untuk internet dan mengetik, tentu sebuah kesia-siaan untuk membeli barang yang begitu boros listrik ini.

MP3 Player : Tentu saja, jual !

Setiap handphone terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan fitur pemutar musik. Bahkan ebook reader seperti Kindle pun sudah dilengkapi dengan fitur serupa. Buat apa membuang uang untuk membeli device lain hanya untuk memutar musik?

Ebook Reader : Bila anda pecinta buku, simpan.

[caption id="" align="alignright" width="162" caption="Kindle 3"][/caption] Bukankah kita bisa membaca ebook di iPad atau Tablet PC lainnya? Anda benar, tapi berapa lama baterai iPad bisa bertahan, dan apakah mata anda cukup kuat untuk memandang layar LCD selama itu? Alasan-alasan itu sudah cukup untuk lebih memilih Ebook Reader, apalagi yang menggunakan teknologi electronic ink yang nyaman untuk mata, dengan masa habis baterai yang bisa sampai berminggu-minggu.

Jam Weker : Sedikit kuno tapi, simpan.

Fitur alarm sepertinya sudah umum tersedia di setiap handphone. Tapi coba perhatikan, bukankah kita memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengeset alarm di handphone daripada di jam weker? Dan tentu kita tidak bisa membanting handphone begitu saja bila ingin tidur kembali, seperti yang biasa kita lakukan pada jam weker.

DVD Player : Jangan ragu, jual !

Kita bisa menonton DVD apapun di notebook kita, dan bila kita ingin menonton di layar yang lebih besar, kita tinggal menggunakan converter yang banyak dijual di toko elektronik.

Ada lagi device yang masih membuat anda bingung, akan dijual atau disimpan? Coba beritahukan kepada saya.

aditya.hadi@gmail.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline