Lihat ke Halaman Asli

Residence in Nature: Adapting to Environtment and Economic Change

Diperbarui: 27 September 2024   19:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Moderator        : Kang Muhammad Haikal

Narasumber     : Bapak Adi Saiman ( Relawan Komunitas Peduli Ciliwung Kota Bogor)

Stadium General dilaksanakan pada H2 KOMPAK 2024 hari Sabtu, 21 September 2024 kita mendapatkan materi tentang isu lingkungan dan sedikit membahas kehutanan dengan narasumber bapak Adi Saiman yang merupakan Relawan Komunitas Peduli Ciliwing. Beliau menjelaskan apa itu Sungai, Lingkungan dan membahas sedikit terkait kehutanan. Secara umum Sungai adalah adalah aliran air di permukaan besar dan berbentuk memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). 

Narasumber telah aktif lama di KPC dan terus memberikan kontibusi dan dampak baik untuk membersihkan aliran Sungai Ciliwung, menurut beliau itu adalah salah satu cara untuk menjaga dan merawat lingkungan di tengah isu besar seperti climate change. Bahkan setiap weekend beliau selalu bergerak untuk menyusuri aliran ciliwung dan membersihkan sampah yang ada. Beliau juga bekerja sama dengan beberapa pihak seperti TNI, mahasiswa dan warga sekitar untuk melakukan aksinya. 

Menurut beliau, kehutanan juga menjadi hal yang berdampak terhadap isu climate change karena banyak sekali akibat dari rusaknya hutan yang menyebabkan bencana alam dan kerusakan lingkungan. Selain membersihkan lingkungan, beliau juga berkomitmen untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi dan memilih menggunakan kendaraan umum untuk mendukung mengurangi polusi selain itu beliau juga berusaha untuk mengurangi penggunaan tissue di rumah sehingga tidak banyak sampah yang terbuang dan tentunya jika hal tersebut terus dilakukan pohon juga tidak banyak digunakan yang berdampak pada kurangnya penebangan pohon sehingga polusi atau karbon bisa diserap oleh pohon dengan optimal. Beliau menjelaskan juga terkait kebijakan pemerintah yang kurang akan penekanan terkait SOP pembuangan sampah karena beliau sering menemukan sampah-sampah Rumah Sakit yang dapat lolos terbuang ke sungan sehingga hal tersebut meningkatkan pencemaran dan menyebarnya penyakit. 

Untuk itu beliau mengajak semua kalangan terutama Mahasiswa untuk berusaha mengurangi penggunaan sampah plastik dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Selain itu, beliau juga mengajak Mahasiswa untuk bergerak dan memberi pemahaman terhadap masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan juga mengawal kebijakan-kebijakan yang pemerintah keluarkan terkait isu lingkungan khususnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline