Lihat ke Halaman Asli

ADITYA ARIO PANGESTU

Universitas Negeri Medan

Lulusan Matematika Bisa Ngoding? Siapa Takut!

Diperbarui: 1 Juni 2024   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Buat kamu yang baru lulus dari jurusan matematika dan punya skill pemrograman yang cakep, peluang kerja kamu tuh gede banget tau! Kamu juga pasti baru tau kalo faktanya perusahaan-perusahaan di zaman sekarang itu banyak mencari orang-orang kayak kamu, karena kombinasi antara analisis matematis dan kemampuan coding itu sudah seperti satu paket komplit yang susah di tolak oleh banyak perusahaan. Mulai dari startup teknologi sampai perusahaan besar, semuanya butuh orang yang bisa ngehandle data dengan baik dan bikin algoritma canggih

Matematika dan pemrograman itu ibarat sahabat karib yang nggak bisa dipisahin. Keduanya saling melengkapi dan bekerja sama buat bikin solusi yang keren dan efektif. Kalau kami jago matematika dan bisa ngoding, kamu punya kombinasi skill yang sangat berharga dan sangat efektif untuk terjun ke jenjang karir dunia kerja. Yuk, liat lagi gimana sih sebenarnya hubungan antara matematika dan pemrograman itu!

Matematika dan pemrograman itu ibarat sahabat karib yang nggak bisa dipisahin. Keduanya saling melengkapi dan bekerja sama buat bikin solusi yang keren dan efektif. Kalau kamu jago matematika dan bisa ngoding, kamu punya kombinasi skill yang sangat berharga di dunia kerja. Yuk, kita lihat gimana sih sebenarnya hubungan antara matematika dan pemrograman ini!

Menurut Arizan dkk, Pemrograman adalah memprogram komputer dengan memberikan susunan instruksi dengan menggunakan bahasa pemrograman. Pemrograman sendiri memiliki beberapa jenis bahasa yang bisa digunakan seperti C++, phyton, javascript, HTML, PHP, ASP, CSS dan masih banyak lagi.

Intinya, pemrograman itu bisa dibilang proses membuat program di komputer. Pembuatan program ini bisa berupa website, software, aplikasi android, dan sebagainya. Pemrograman dimulai melalui beberapa tahapan, seperti tulis-menulis, menguji, merevisi, mengevaluasi, serta pengujian kembali. Tahapan-tahapan itu dilakukan terus-menerus sampai program jadi sesuai yang kamu pengen.

Sedangkan matematika merupakan ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan menggunakan logika nalar secara abstrak dengan konsep yang konsisten untuk memecahkan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari – hari. Logika matematika adalah sebuah cabang matematika yang merupakan gabungan dari ilmu logika dan ilmu matematika.

Penerapan logika matematika dalam ilmu komputer digunakan sebagai dasar dalam belajar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, teknik/sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, dan masih banyak lagi.

Logika Informatika didalam ilmu teknologi informasi berperan sangat penting dan hampir selalu kita temui dalam pengembangan Hardware maupun Software. Contohnya Dalam pengembangan di bidang software, Hampir setiap bahasa pemrograman menggunakan dan menerapkan prinsip-prinsip logika. Makanya logika informatika bagi dunia Teknologi Informasi merupakan dasar-dasar bagaimana sebuah Hardware atau Software itu dibuat.

Tujuan dari pemrograman itu sendiri adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Jadi, bisa dibilang matematika dan pemrograman itu saling mendukung dan melengkapi. Matematika ngasih kita dasar logika dan teknik pemecahan masalah, sementara pemrograman adalah alat buat ngaplikasiin konsep-konsep itu dalam bentuk nyata. Jadi, dengan kombinasi keahlian matematika dan pemrograman, peluang kerja buat kamu itu banyak banget dan beragam. Mulai dari dunia bisnis sampai akademis, semuanya butuh orang dengan kemampuan unik seperti yang kamu miliki.

Salah satu tokoh lulusan matematika yang sukses di dunia pemograman adalah Donald Knuth. Donald Knuth (lahir 10 Januari 1938, Milwaukee , Wisconsin , AS) adalah seorang matematikawan Amerika yang berkontribusi banyak terhadap ilmu komputer. Knuth menerima gelar sarjana matematika pada tahun 1960 dari Case Institute of Technology (sekarang Case Western Reserve University) di Cleveland, Ohio, dan karyanya sangat mengesankan sehingga ia dianugerahi gelar master secara bersamaan . Dia kemudian memperoleh gelar doktor di bidang matematika pada tahun 1963 dari Institut Teknologi California di Pasadena, California.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline