Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Gadget terhadap Para Pelajar

Diperbarui: 4 Desember 2023   02:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Untuk saat ini, banyak sekali remaja yang terobsesi dengan gadget. Mereka bisa menggunakan gadget tersebut untuk membuka melakukan chatting dengan orang lain, mencari hiburan dapat dilakukan dengan bermain game dan membuka sosial media untuk mencari berbagai video lucu, dan lain-lain. Untuk saat ini, kira-kira ada tidak pengaruh gadget ini terhadap pelajar. 

Untuk dampak gadget secara negatif: 

  1. Sering sekali mereka menyalahgunakan gadget. Sering sekali di saat jam pelajaran, mereka membuka gadget mereka untuk bermain game dan membuka sosial media sehingga mereka tidak dapat mengerti materi yang diajarkan oleh guru mereka dengan baik akibat dari tidak fokus. Selain itu, sebagai contoh lagi dimana banyak pelajar yang seharusnya menggunakan gadget itu untuk mencari informasi yang dapat bermanfaat karena mengenai pembelajaran di sekolah namun saat diberikan izin mereka menggunakannya untuk membuka yang lain yang berarti saya bisa membuktikan bahwa banyak sekali pelajar yang masih belum bisa bertanggung jawab atas gadget mereka masing-masing. 

  1. Gadget juga dapat menyebabkan murid-murid menjadi ketergantungan dengan gadget mereka karena jika dia tidak menggunakan gadgetnya ia akan kesulitan dalam mengerjakan tugasnya karena ia malas mengembangkan imajinasinya.

Untuk dampak gadget secara positif:

  1. Komunikasi menjadi lebih praktis.

  2. Anak yang bergaul dengan dunia gadget cenderung lebih kreatif

  3. Mudahnya melakukan akses ke luar negeri.

  4. Manusia menjadi lebih pintar berinovasi dengan fitur-fitur dan program yang berhubungan dengan pengetahuan dan pendidikan.

Jadi dari hal yang tulis dapat disimpulkan bahwa dampak positif dan negatif dari gadget dapat timbul tergantung dari kebijakan pengguna gadget. Kalau tidak bijak akan timbul dampak negatif dan kalau penggunanya bijak maka dampak positif yang akan selalu muncul.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline