Lihat ke Halaman Asli

Aditya SuryaPratama

Universitas Diponegoro

Tidak Perlu Nyasar Lagi, Mahasiswa KKN Tim II Undip Membuat Plang Menuju Kaliputih View

Diperbarui: 15 Agustus 2023   00:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar diambil dari potret lapangan/Dokpri

Fungsi dari plang petunjuk arah sendiri ialah sebagai pemberi informasi mengenai arah ke suatu tempat. Plang petunjuk arah ini khususkan untuk pemberi arah pada wisata kaliputih view, Desa Tayu Kulon, Kecamatan Tayu, Pati Jawa Tengah.

Mahsiswa KKN tim II Undip Aditya Surya Pratama, dari jurusan Teknik Geologi telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan potensi desa Tayukulon kecamatan Tayu Kabupaten Pati Jawa Tengah. Salah satu yang di higlight dari potensi yang ada ialah dari sektor Pariwisata. Pariwisata tersebut di kenal dengan Kaliputihview. 

Namun potensi yang kami survei masih minim atau kurangnya pengarahan jalan yang baik. Sehingga pengguna jalan khususnya pendatang baru atau pengguna jalan baru tidak akan mengetahui apabila jalan yang mereka lewati terdapat potensi alam yang sangat indah. 

Oleh karena itu, saya Aditya Surya Pratama dari KKN Tim II Undip memiliki solusi untuk pemberian plang arah wisata kaliputih sebagai salah satu program kerja pengabdian pada Desa Tayu Kulon.

Tahapan awal sebelum pembuatan plang, kami melakukan survei lokasi untuk penempatan plang petunjuk arah nantinya dan mengestimasikan kebutuhan plang petunjuk arah. 

Lalu juga kami menyesuaikan dengan Tema besar KKN kali ini, yaitu pemberdayaan Masyarakat berbasis SDGS. Setelah mengetahui lokasi penempatan plang dan jumlah plang yang akan di pasang, tahapan selanjutnya ialah melakukan tracking. 

Dimana tracking ini dilakukan untuk mengetahui jarak titik plang menuju potensi yang akan dituju. Tracking disini dibantu oleh masyarakat karena juga berbarengan dengan acara jalan santai. 

Tracking adalah hal yang sangat penting dan harus dilakukan. Informasi jarak pada plang petunjuk arah maupun jalan adalah pokok paling utama yang akan menjadi informasi tambahan bagi pengguna jalan.

Sumber gambar diambil dari potret lapangan/Dokpri

Maksud  kami membawa program ini ialah bertujuan untuk mengenalkan potensi pariwisata desa Tayu Kulon kepada masyarakat luas. Apabila masyarakat luas antusias pada potensi Desa Tayukulon maka masyarakat setempatpun pastinya akan memiliki semangat untuk mengembangkan potensi-potensi desa yang ada. 

Pembuatan plang petunjuk arah ini sebagai jalan atau wadah agar potensi-potensi ini dapat berkembang dengan di khususkan pada masyarakat setempat terlebih dahulu. Lalu memiliki sasaran yang lebih luas yaitu masyarakat luar. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline