Lihat ke Halaman Asli

Kerja Praktek Sistem Aplikasi Persediaan Stock Obat Berbasis Web di Apotek Medika Arzafa

Diperbarui: 14 Juli 2022   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

TANGERANG SELATAN - Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang, Melaksanakan Kerja Praktek selama satu bulan pada tanggal 18 Mei - 25 Mei 2022. Dalam rangka memenuhi kewajiban mata kuliah Kerja Praktek maka diadakan kegiatan kerja praktek pada suatu instansi sebagai syarat untuk dapat lulus pada mata kuliah tersebut.

Kerja Praktek ini beranggotakan  3 orang mahasiswa prodi tekhnik informatika universitas pamulang, yang bernama david raihan, iqbal alfarizki, aditya dharma putra, dan dosen pembimbing kami Ahmad Munawaruzaman S.Sos.I., M.Si.

Apotek Medika Arzafa yang bertempat di Jl. Perum Griya Asri Blok B-8 No.44 RT.053 RW.007 Kelurahan Jelupang, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan. merupakan salah satu instansi yang bergerak pada bidang kesehatan, yaitu dalam hal menyediakan jenis obat maupun transaksi jual beli obat-obatan. 

Selain menjual obat-obatan Apotek Medika Arzafa juga menjual bahan obat, suplemen alat kesehatan, sarung tangan dan lain-lain. Apotik Medika Arzafa hanya menggunakan komputerisasi sederhana dalam menyimpan dan menginput data stok obat, sehingga menimbulkan beberapa macam masalah.

Masalah yang sering dihadapinya yaitu penumpukan data yang mengakibatkan kesulitan dalam pencarian data obat seperti kadaluarsa obat, persediaan, data obat masuk dan obat keluar, laporan stok obat serta laporan penjualan yang belum terintegrasi dengan baik sehingga proses pencariannya dan penyimpanan laporan tidak optimal

Karna itu kami membuat aplikasi Sistem informasi yang akan dibangun menggunakan metode FEFO (First Expired First Out). Metode Fefo merupakan  metode pengeluaran barang habis pakai, baik dari gudang maupun dikeluarkan kepada pasien atau masyarakat, yang expired date lebih pendek dari barang yang expired date lebih lama, atau dengan kata lain, apabila suatu barang habis pakai memiliki tanggal kadaluarsa yang lebih dahulu maka barang tersebut harus dikeluarkan lebih dahulu juga, Dan pada  sistem yang akan dibangun dapat merekomendasikan obat-obat apa saja yang harus segera dijual sesuai data expired yang jangkauannya paling dekat untuk dipakai serta mempermudah kontrol data obat, pembuatan laporan, dan sistem penjualan obat

Dengan adanya kegiatan Kerja Praktek Ini Pihak apotek sangat berterimakasih kepada mahasiswa universitas pamulang, Bapak Supriyono selaku pimpinan di apotek berkata “Terima kasih telah menggunakan bakat dan keterampilan kalian semua yang luar biasa untuk membuat sebuah web yang bisa membantu apotek saya lebih baik dari sistem kasir hingga penyimpanan obat-obat yang ada di apotek lebih terpantau masa kadaluarsanya.” Ujar bapak supriyono pimpinan apotek medika arzafa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline