Mlatiharjo, Semarang Timur (28/7/2022) -- Aditya Kurnia Akbar, mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim II KKN Undip Kelurahan Mlatiharjo melaksanakan pemberian edukasi mengenai pentingnya literasi pada anak di SDN 02 Mlatiharjo, Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur pada Kamis (28/7). Edukasi mengenai pentingnya literasi pada anak tersebut ditujukan agar timbul atau meningkatnya minat literasi khusunya minat baca pada siswa kelas 4 khusunya di SDN 02 Mlatiharjo.
Di SDN 02 Mlatiharjo, menurut Siti Patonah selaku Kepala SDN 02 Mlatiharjo menyatakan bahwa terdapat beberapa permasalahan pada siswa yang sulit dipecahkan oleh guru. "Salah satu permasalahan yang terjadi pada siswa SDN 02 Mlatiharjo adalah kurangnya minat membaca yang mengakibatkan prestasi akademik ikut berpengaruh". Ujar Siti Patonah. Oleh karena itu, minat literasi khususnya minat baca pada siswa SDN 02 Mlatiharjo harus segera ditingkatkan agar prestasi akademik siswa ikut meningkat. Untuk sasaran dari program ini berdasarkan kesepakatan antar pihak sekolah dan KKN Tim II Undip ialah siswa Kelas 4. Ini dikarenakan penanaman nilai-nilai penting harus ditanamkan sedari dini dan secepat mungkin.
Kegiatan edukasi ini dimulai dengan pembagian soal pre test kepada siswa mengenai materi yang akan diberikan. Ini ditujukan untuk mengukur pemahaman siswa mengenai materi yang akan diberikan. Setelah itu, kegiatan selanjutnya ialah pemberian materi yang berisi mengapa kegiatan literasi itu penting dan apa manfaat dari dilakukannya literasi khusunya dalam kegiatan membaca. Setelah pemberian materi, kegiatan selanjutnya ialah sesi tanya jawab perihal materi atau yang bersinggungan dengan materi. Setelah sesi tanya jawab selesai dilanjutkan oleh sesi terakhir yaitu sesi praktik yang wajib diikuti oleh peserta yaitu siswa kelas 4 itu sendiri. Sesi praktik disini adalah siswa kelas 4 diberikan bahan bacaan pendek yang berisi tentang permainan anak-anak. Setelah kegiatan membaca, siswa diperintahkan untuk menyimpulkan isi dari bahan bacaan yang telah dibaca. Terakhir siswa diperintahkan untuk mempresentasikan hasil kesimpulan yang telah dibuat di depan kelas, dan siswa yang terbaik mendapatkan hadiah yang menarik.
Guna mengukur keberhasilan program, diberikan kembali post test dengan soal yang sama dengan pre test. Dengan kegiatan yang telah dilaksanakan ini, diharapkan minat literasi khususnya dalam membaca akan meningkat. Ini tentunya juga akan meningkatkan prestasi akademik dari siswa itu sendiri. Kemudian, diharapkan juga siswa yang merupakan peserta program ini dapat membudayakan literasi khususnya membaca dalam kehidupan mereka.
Oleh : Aditya Kurnia Akbar
DPL : Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H