Lihat ke Halaman Asli

Adi Triyanto

Buruh Sebuah Perusahaan swasta Di Tambun- Bekasi-Jawa Barat

Cinta adalah Pemahaman Tentang Hal-hal Detail

Diperbarui: 25 April 2024   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Semua orang ingin kehidupan cintanya berjalan langgeng. Cinta yang mampu melintasi waktu. Cinta yang hidup terus dalam hati. Dan syarat agar cinta bisa hidup, cinta harus bertumbuh.

Cinta yang langgeng tidak berarti harus selalu sama. Perasaan cinta yang tetap sama dari awal bertemu hingga usia tua. Bisa saja cinta itu mencapai level tertinggi , namun bisa juga cinta itu sedang dalam kondisi menurun. Cinta yang langgeng bak gelombang yang selalu bergulung di pantai, kadang pasang kadang surut. Tapi dia tak pernah berhenti.

Perjalanan hidup serta situasi yang dihadapi umat manusia , mengakibatkan kondisi mengalami naik dan turun. Cinta yang langgeng adalah cinta yang mampu melewati waktu, meski harus mengalami ujian dan juga cobaan.

Cinta yang mengalami pasang dan surut , justru menunjukkan bahwa cinta itu hidup. Dia tidak diam dan tetap. Dia mengikuti ritme kondisi manusia dalam menghadapi segala persoalan yang dihadapi. Ketika sedang mengalami situasi yang menyenangkan maka cinta bertambah  . Di saat yang lain ketika dalam kondisi yang kurang nyaman maka cinta pun berkurang  .

Dan salah satu cara untuk menjaga agar dapat dalam kadar yang wajar, maka diperlukan ruang dan usaha agar cinta itu bertumbuh. Cinta yang bertumbuh membutuhkan syarat berupa penguasaan tentang hal-hal detail tentang pasangan. Ada yang yang lebih sering menyebut proses itu dengan memperhatikan hal hal kecil. Namun penulis lebih suka menggunakan penguasaan hal hal detail. Bisa saja sesuatu yang dianggap kecil ternyata bagi pasangan  adalah hal yang besar. Di saat yang lain hal yang dianggap besar bagi seseorang namun bagi pasangannya justru dianggap sebagai hal kecil.

Ada beda antara penggunaan istilah hal hal kecil dan hal detail. Hal kecil berarti hal yang dianggap remeh dan tak berharga. Tak bernilai . Yang membuat banyak orang jadi kurang memberi perhatian . Mudah dillupakan . Mudah juga ditingggalkan.

Sementara hal detail menunjukkan kemampuan pemahaman sesuatu secara lebih terinci. Dari yang paling besar sampai hal yang paling kecil. Orang yang tahu secara detail , akan mampu menunjukkan semua struktur yang ada. Dan mengetahui dengan  persis hal detail itu yang menjadi penyempurna dari sebuah bangunan sesuatu. Bisa berbentuk bangunan fisik bisa juga bangunan perasaaan, seperti hubungan kasih sayang .

Detail lebih mengarah kepada hal yang mudah dilakukan dan bersifat sederhana.Dan seseorang akan mampu memperhatikan dan melakukan  hal hal detail setelah memahami sesuatu secara lebih baik. Tak mungkin seseorang bisa melihat hal hal detail tanpa memahami sesuatu secara lebih lengkap dan komprehensive.

Dalam menjaga hubungan cinta. ,maka perhatian akan hal hal detail ini sangat penting. Dan bisa dikatakan pasangan yang bisa memperhatikan hal-hal  detail masing masing, akan memiliki kualitas hubungan yang lebih baik. Dengan kemampuan mengungkapkan hal hal detail menyangkut diri pasangan maka hal sekecil apapun yang terjadi , terhadap pasangan akan dapat diketahui. Dan itu merupakan bentuk dari perhatian yang cukup besar.

Tidak mungkin seseorang mengetahui perubahan kecil dari pasangannya jika tidak memberikan perhatian yag besar terhadap pasanganya. Dalam hal yang senada , Bunda Teresia menyatakan "Tidak semua orang dapat melakukan hal yang besar namun setiap orang dapat melakukan hal kecil dengan cinta yang besar ".

Dan bila hal detail ini diungkapkan disertai dengan kata-kata pujian, maka tidak ada pasangan yang tidak akan merasa tersanjung dan  bahagia. Hal detail dapat kita temui dalam kehidupan sehari hari. Dan itu menjadi resep paling ampuh untuk menjaga kemesraan hubungan menjadi langgeng.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline