Lihat ke Halaman Asli

Adi Triyanto

Buruh Sebuah Perusahaan swasta Di Tambun- Bekasi-Jawa Barat

Ajaran Agama dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Gen dalam Tubuh

Diperbarui: 27 Februari 2023   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tuhan itu maha adil. Sebagai wujud keadilan-Nya adalah memberikan anugerah kepada manusia dengan bekal yang sama untuk menggapai sukses di dunia. Siapa yang dapat mengelola dan mengembangkan bekal itu dengan baik maka , kesuksesan akan menjadi haknya. Sementara yang tidak mampu mengembangkan potensinya akan menemui kegagalan.

Bekal yang diberikan kepada umat manusia itu berbentuk genom dalam sel. Genom adalah kumpulan instruksi genetik yang diberikan Tuhan kepada semua manusia sebagai modal untuk menentukan ciri-ciri fisik dan sifat-sifat lainnya. 

Genom ini memberikan informasi penting tentang warisan genetik yang diterima dari orang tua, termasuk potensi kesehatan, bakat, dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu. 

Sebagai makhluk yang memiliki genom, manusia memiliki tanggung jawab untuk merawat dan menjaga kesehatannya, serta memanfaatkan potensi yang diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya. Dan perangkat yang dapat digunakan untuk fungsi kontrol tersebut adalah akal manusia.

Blueprint Kehidupan Manusia 

Umat manusia terus berkembang menuju kepada kesempurnaan bentuk fisiknya. Bentuk fisik yang menjadi bentuk paling ideal dalam mendukung kehidupannya di dunia. Secara fisik memang manusia mengalami evolusi dari bentuk awal menjadi bentuk terbaik saat ini.

Meski secara visual fisik terus mengalami perkembangan namun sebenarnya inti dari kehidupan yang menyusun tubuh  manusia tidak mengalami perubahan. Karena dari pertama kali penciptaan manusia pertama di dunia sampai sekarang ada yang tidak berubah yaitu informasi genetik yang dibawa ummat manusia .

Informasi genetik yang merupakan bekal pemberian Tuhan untuk ummat manusia dalam mengarungi kehidupan ini. Bekal sama yang diberikan kepada seluruh ummat manusia di dunia. Bekal yang menjadi modal dasar yang diberikan secara adil oleh Tuhan kepada seluruh umat manusia. 

Bekal yang yang memberikan kemungkinan atau potensi  yang sama.  Inilah yang namanya ketentuan ( Qadha )  atau takaran yang diberikan Tuhan kepada umat manusia. Ini pula yang disebut sebagai blueprint kehidupan manusia , yang mengatakan semua yang akan terjadi terhadap umat manusia  telah ditentukan oleh Tuhan.

Semua Manusia Punya Potensi Sukses Sama

Dengan ketentuan  Tuhan dalam bentuk potensi  kemungkinan yang sama, maka kemampuan menggunakan akal dan budi yang akan menjadi kunci kemana seorang hamba akan berakhir . Apakah dalam takdir kesuksesan dan kebahagiaan atau  dalam takdir kegagalan dan penderitaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline