Lihat ke Halaman Asli

Adi Triyanto

Buruh Sebuah Perusahaan swasta Di Tambun- Bekasi-Jawa Barat

Teknologi Untuk Lari dari Kehancuran Bumi

Diperbarui: 20 Februari 2023   07:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Stephen Hawking, salah satu fisikawan terkenal di dunia, pernah mengatakan bahwa teknologi adalah harapan manusia untuk lari dari kehancuran Bumi. Ia menekankan pentingnya teknologi dalam memastikan masa depan manusia yang lebih baik.

Namun, teknologi yang dimiliki dan dikembangkan manusia saat ini lebih banyak yang berperan dalam menghancurkan bumi baik langsung atau tidak langsung. Karena teknologi saat ini memiliki kecenderungan untuk mengeksploitasi sumber daya alam yang ada di bumi. Dan akhirnya semua sumber daya yang ada di bumi akan habis dan tidak dapat lagi mendukung kehidupan di atasnya .

"Kita sekarang memiliki teknologi untuk menghancurkan planet kita tetapi belum mengembangkan teknologi untuk lari. Dalam ratusan tahun ke depan, kita mungkin bisa mengolonisasi area bintang lain, tetapi sekarang kita hanya punya satu planet, dan kita perlu bekerja sama untuk melindungi. Untuk melakukannya, kita perlu menghancurkan sekat-sekat, bukan malah menambah," ujar Stephen Hawking .

Menuju Kehancuran Bumi

Bumi sedang menuju kehancuran karena berbagai faktor yang berpengaruh, seperti perubahan iklim, penebangan hutan, polusi air dan udara, dan pengambilan sumber daya alam yang tidak bertanggung jawab. Kombinasi dari faktor-faktor ini menyebabkan peningkatan temperatur global, kerusakan ekosistem, dan penurunan keragaman hayati.

Akibat dari perubahan iklim, kita melihat perubahan cuaca yang ekstrem, seperti banjir dan kekeringan, dan permukiman manusia yang terdampak. Dan sekarang cuaca ekstrim, banjir dan kekeringan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari hari. Bila kemarau kita mengalami kekeringan , sebaliknya jika musim penghujan maka banjir datang dan masuk ke daerah pemukiman .

Penebangan hutan dalam skala masiv dan yang serampangan juga telah menyebabkan hilangnya habitat bagi berbagai spesies hidup, serta mempengaruhi keseimbangan alam dan mengurangi kapasitas Bumi untuk menyerap karbon dioksida.

Polusi air dan udara akibat industrialisasi telah mempengaruhi kesehatan manusia dan memperburuk kualitas lingkungan. Pertambangan dan eksplorasi sumber daya alam tidak bertanggung jawab membuat lingkungan rusak dan mengurangi ketersediaan sumber daya yang sangat penting.

Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mengambil tindakan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sumber daya alam. Kita perlu memperkenalkan teknologi dan praktik yang lebih ramah lingkungan, serta meningkatkan kesadaran dan membuat perubahan gaya hidup. Tanpa tindakan cepat dan tepat, kita akan terus menuju kehancuran dan membahayakan keberlangsungan hidup generasi berikutnya.

Teknologi Untuk Lari Dari Kehancuran Bumi

Teknologi sangat penting dalam usaha untuk lari dari kehancuran Bumi. Selain mengembangkan teknologi yang berusaha menjaga keberlangsungan kelestarian kehidupan di Bumi, perlu dicari alternatif lain. Dan pilihan itu salah satunya adalah dengan mencoba mencari planet lain yang dapat dikembangakn sebagai habitat baru umat manusia. Dan planet yang diharapkan dapat menjadi masa depan kehidupan manusia adalah planet Mars.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline