Lihat ke Halaman Asli

Adit Pamungkas

Unity In Diversity

Indra Kesuma, Sukses Bisa Diraih Jika Ada Kemauan dan Niatan

Diperbarui: 14 Juni 2020   17:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan aku cabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 orang pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia," -- Ir. Soekarno

Sebuah ungkapan yang sangat tidak asing dari presiden pertama Republik Indonesia. Ungkapan yang menggambarkan betapa besarnya pengaruh yang bisa diberikan oleh kaum muda. Ungkapan ini sangatlah relevan apabila kita melihat bagaimana banyak sejarah dunia dapat terjadi. Banyak hal telah dibuktikan oleh generasi muda sepanjang sejarah . Sudah banyak kisah sukses di usia muda dan tokoh inspirasi berusia muda yang bisa diteladani.

Daniel Marc Cohn-Bendit pada usianya yang baru menginjak 23 tahun menjadi tokoh di balik peristiwa Paris 68. Joshua Wong, tokoh di balik Umbrella Revolution, menjadi tokoh penggerak demonstrasi besar di Hong Kong sejak usianya masih 18 tahun pada tahun 2014. Greta Thunberg, remaja yang kini berusia 16 tahun, melalui aksinya melawan perubahan iklim membuat sekitar 4 juta orang ikut turun ke jalan.

Di Indonesia sendiri tokoh-tokoh pemuda turut berkontribusi besar dalam peristiwa yang terjadi dalam sejarah. Mulai dari Wikana dan Darwis sebagai beberapa pemuda di balik Peristiwa Rengasdengklok. Arief Rahman Hakim dan Soe Hok-gie menjadi beberapa nama pemuda yang moncer dalam peristiwa 66. Dalam perjalanan sejarah, pemuda banyak terlibat dan kontribusinya tidak dapat dipandang sebelah mata.

Dan sekarang,anda mungkin pernah mendengar nama Indra Kesuma,Ya,pemuda yang satu ini mengajarkan ke kita bahwa kesuksesan di usia muda bukanlah hal yang mustahil untuk kita raih.

Dalam usianya yang  masih muda (23) ia mencapai penghasilan Rp.1 Miliar,mungkin untuk anak muda jumlah ini cukup besar.

Dan ada lagi kisah unik dari Indra Kesuma,pemuda satu ini didalam mencapai semua itu ia jatuh bangun.Ia pernah kerja serabutan sembari kuliah,karena ia tidak mau membebani biaya kuliah kepada orang tuanya.Semua biaya kuliah ia tanggung sendiri,begitu pula biaya hidupnya.

Di sela kuliahnya,ia pun tidak lupa berinvestasi untuk kemaslahatan di masa depannya.Namun sayang seribu sayang,ia tertipu oleh investasi tersebut.

Dan nominalnya mencapai ratusan juta rupiah.Mungkin untuk sekelas Bussines Man yang sudah sukses,ratusan juta adalah duit receh. Namun,bagi Indra Kesuma yang masih belia dan masih kuliah,dia menganggapnya hal yang teramat besar,sampai-sampai ia ada keinginan untuk bunuh diri.

Namun,dia teringat seorang yang sangat keras berjuang dari yang bukan siapa-siapa dan sekarang sukses juga,mungkin kalian tahu siapa.

Ya,seseorang itu adalah Reza Arap. Indra Kesuma teringat dengan perjuangan Reza Arap sewaktu ia belum menjadi siapa-siapa hingga sekarang saat ini.Di pikiran Indra Kesuma,"Dia aja bisa,masa aku nggak si?",akhirnya Indra Kesuma mengurungkan niatnya untuk bunuh diri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline