Lihat ke Halaman Asli

Berpikir Positif Masa PPKM dengan Pembibitan Sayur Hidroponik

Diperbarui: 7 Juli 2021   12:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Dalam masa Pandemic di negara kita saat ini yang juga melebar di seluruh negara negara di dunia. Saya mengajak saudara sekalian untuk selalu berpikir positif. Dengan kita mengikuti protokol kesehatan maka kita mengurangi pengembaraan virus di wilayah kita. 

Saya saat ini membuka aktivitas baru selain kegiatan kantor yang saat ini saya lakukan "work from home" 

Saya mengajak teman untuk membuat kebun sayur hidroponik. Selain tidak mengambil lahan luas, cukup dipekarangan rumah, dan sangat sederhana pengolahannya. Tempo hari saya juga menyajikan tanaman sederhana dipekarangan rumah dengan menggunakan pipa pipa bekas. Kali ini mengajak teman teman membuat kebun hidroponik dengan sederhana. Di foto atas sudah terangkum beberapa cara sederhana.

1. Membuat pipa sebagai tempat bibit nanti diletakkan, pipa tersebut disambung Hinga dapat menjadi aliran air dan juga tempat bibit.

2. Memotong busa hidro, kecil kecil sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Busa ini berfusngsi sebagai tempat bibit di tanam dan perhatikanlah bisa itu apakan mampu menyerap air.

3. Masukkan bibit sayur ke busa yang dipotong dan disiram air. Dengan pengandaian busa tersebut mampu menahan air sehingga bibit bisa bertumbuh.

4. Sambil menunggu bibit tumbuh, kita siapkan nanti wadah yang dipakai tempat bibit yang sudah tumbuh. Lihat wadahnya, memiliki ventilasi agar saat aliran air dalam pipa berjalan mampu menyerap dengan baik.

BERSAMBUNG.........




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline