Dalam KBBI notula adalah laporan tertulis yang singkat dari sebuah rapat serta hal - hal yang dinyatakan dan diputuskan dalam sebuah rapat. Terkadang, notula juga disebut sebagai notulen.
Notula rapat merupakan rangkuman dari seminar, diskusi atau sidang dan hal-hal yang dirujuk dan diputuskan di dalam rapat dari mulai hingga berakhirnya suatu rapat. Notula rapat harus ringkas, padat, sistematis, dan komprehensif. Notula rapat dibuat sehingga kita dapat mengetahui hasil dari pertemuan dan juga sebagai dokumentasi rapat. Notula atau notulen catatan ringkas yang disusun oleh notulen. Notulen rapat adalah laporan tertulis yang sangat penting bagi mereka yang mengikuti rapat. Notula rapat dapat berupa data tentang materi yang dibahas, bagaimana rapat ditutup dan alternative atau putusan apa yang telah disepakati.
Dalam sistematika penulisan notula, ada rangkaian yang harus diperhatikan agar saat notula tersusun singkat dan sistematis. Berikut ini adalah susunannya:
1. Kepala Notula
a. Nama atau tema yang dibahas.
b. Hari dan tanggal pertemuan diadakan.
c. Waktu terjadinya pertemuan acara.
d. Tempal acara.
e. Elemen - elemen yang ada dalam acara (Ketua dan wakil ketua, sekretaris, notulis, serta peserta pertemuan).
2. Isi notula
a. Kata Pembuka.