1.Meningkatkan dan memperkenalkan merek / brand.
Iklan sangat membantu dalam meningkatkan dan menyebarluaskan serta memperkenalkan produk atau layanan jasa UMKM kepada khalayak ramai atau luas, sehinga produk atau jasa tersebut bisa dikenal, diminati dan diketahui oleh khalayak ramai. Semakin banyak orang yang melihat keberadapan UMKM, semakin besar juga peluang mereka untuk membeli produk atau layanan jasa tersebut.
2.Meningkatkan royalitas kepada pelanggan
Iklan harus konsisten dalam informatif, sehingga pelanggan akan royal dan loyalitas dalam membeli produk atau menggunakan jasa, yang akan cenderung untuk kembali lagi dalam membeli produk atau jasa dan juga memperkuat kepercayaan khalayak kepada produk atau jasa tersebut. Dengan ada nya loyalitas kepada pelanggan dan kepuasan pelangan, maka akan semakin banyak juga orang yang akan membeli dan percaya kepada produk dan jasa yang pelaku usaha tawarkan kepada khalayak.
3.Meningkatkan citra dan Reputasi UMKM
Iklan dapat meningkatkan reputasi kepada umkm dalam bisnis produk atau jasa. Hal ini juga dapat membuat produk atau jasa UMKM dapat di percaya oleh pelangan dan konsumen. Iklan yang baik, informatif dan menarik, juga akan meningkatkan citra dalam perusahaan di mata publik dengan ada nya citra yang positif, akan bisa berdampak kepada hubungan bisnis dan kerja sama dengan orang lain. Citra yang baik juga akan menimbulkan daya tarik kepada investasi dan mendukung bisnis jangka panjang.
4.Jangkauan target pasar yang tepat
Memastikan target pasar yang tepat adalah kunci kesuksesan dalam keberlanjutan UMKM. Dengan ada nya strategi iklan yang tepat, maka target penjualan UMKM akan semakin luas dan melesat dalam target pasar dan juga menambah peminat dalam produk atau jasa nya yang sangat ideal dalam produk penjualan atau layanan mereka dan juga dapat meningkatkan efektivitas dalam kampanye pemasaran sehingga audiens tertarik dalam produk atau jasa. Berikut adalah target pasar yang tepat:
*Riset pasar (survive): Melakukan riset pasar ( tinjauan lokasi) menjadi hal yang sangat penting dalam penjualan, karena pelaku usaha memahami kepada siapa target pasar tersebut ditujukan, riset pasar bisa dilakukan melalui metode survei, dengan ada nya survei pelaku usaha dapat mengumpulkan data untuk memusatkan target pasar bisa melalui tatap muka ataupun kuisioner
*Wawancara: pelaku usaha juga bisa melakukan percakapan secara langsung dengan individu dari target pasar untuk mendapatkan wawasan yang informatif dan juga mendalam mengenai target pasar tersebut
*Menganalisi data: pelaku usaha harus melakukan analisis data dan problematika dalam penjualan, media social, dan juga website untuk mengetahui sebuah inovasi terbaru dan menyesuaikan dengan pola pikir dan peradaban yang sedang berlangsung.
5.Meningkatkan Daya Saing / kompetisi
Di pasar yang kompetitif, iklan ini dapat membantu UMKM Dalam menonjolkan daya saing dan membedakan ciri khas mereka dalam apa yang mereka jual baik produk maupun jasa yang di tawarkan mereka.
Iklan yang memiliki daya kreasi yang tinggi dan inovatif akan menarik perhatian dan memiliki daya saing dalam penjualan UMKM supaya di minati oleh banyak khalayak dan dan produk nya akan jadi daya tarik banyak orang.