Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Sistem Perdagangan Internasional terhadap Ekonomi Politik Suatu Negara

Diperbarui: 14 Maret 2023   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perekonomian di suatu negara merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam menentukan apakah negara tersebut dapat dikatakan negara yang maju atau negara berkembang. Keadaan ekonomi di suatu negara menjadi salah satu isu penting dalam suatu negara dalam menentukan sebuah kebijakan. Suatu negara akan membuat sebuah kebijakan yang tentunya akan membuat negara tersebut menjadi lebih baik dan menjadi negara yang sejahtera serta memiliki pertumbuhan ekonomi yang stabil.

Ekonomi politik di suatu negara merupakan salah satu hal yang menjadi komponen yang penting dalam membangun hubungan suatu negara dengan negara lain. Dengan adanya pendekatan ekonomi politik yang ada di suatu negara membuat pemerintah mengetahui berbagai isu-isu perekonomian yang terjadi di dunia internasional.

Ekonomi politik sendiri memiliki prinsip yaitu pasar, pasar ini berperan sebagai institusi ekonomi. Adapun kepentingan yang diperjuangkan dalam menjalankan ekonomi politik melalui adanya pasar, salah satunya yaitu kepentingan dalam aspek kesejahteraan. Dalam mencapai sebuah kesejahteraan, sebuah negara akan membuat kebijakan, salah satu kebijakannya yaitu dengan mengadakan perdagangan internasional.

Perdagangan internasional menjadi salah satu cara yang ditempuh pemerintah untuk memenuhi serta meningkatkan pertumbuhan perekonomian di suatu negara. Suatu negara dapat memenuhi kebutuhan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomiannya dengan melakukan perdagangan intenasional. Perdagangan internasional sendiri dapat berupa menjual-membeli barang atau jasa dan hal tersebut nantinya dapat memenuhi kebutuhan suatu negara melalui kegiatan ekspor-impor.

Adanya sistem perdagangan internasional sendiri juga berpengaruh pada keadaan ekonomi politik yang ada di suatu Negara. Dengan adanya sistem perdagangan internasional, suatu negara dapat dengan mudah berinteraksi dengan negara lain dan interaksi tersebut dapat melalui aktor negara atau aktor non-negara seperti perusahaan multinasional atau organisasi-organisasi lainnya. Interaksi tersebut biasanya dapat berupa negosiasi, diplomasi, dan lain-lain yang dimana interaksi antar negara atau antar perusahaan memiliki suatu kepentingan yang sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu dapat berupa kesejahteraan, keuntungan yang sebesar-besarnya, modal, atau yang lainnya.

Sistem perdagangan internasional juga semakin hari semakin mengalami perkembangan dan hal tersebut tentunya akan berpengaruh juga pada ekonomi politik di suatu Negara karena semakin berkembangnya sistem perdagangan makan akan semakin berkembang pula hubungan negara dengan negara lain atau hubungan perusahaan dengan perusahaan lainnya, 

Dengan adanya perdagangan internasional, sebuah negara juga dapat meningkatkan keamanan di negaranya akibat dari adanya interaksi dari negara lain yaitu dengan melakukan sebuah cara berupa negosiasi. Lalu, dengan adanya perdagangan internasional juga dapat memeratakan perekonomian di suatu negara akibat dari penghasilan atau pendistribusian dari adanya komoditi-komoditi di perdagangan internasional tersebut. 

Selain itu, negara atau perusahaan-perusahaan juga dapat melakukan diplomasi dengan negara atau perusahaan lainnya karena adanya perdagangan internasional tersebut, hal tersebut dikarenakan terjalinnya hubungan baik akibat dari kegiatan perdagangan internasional yang dilakukan sebelumnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan adanya sistem perdagangan internasional yang bermacam-macam bentuknya, sebuah negara dapat sekaligus melakukan sebuah diplomasi yaitu diplomasi ekonomi. Diplomasi ekonomi merupakan salah satu bagian dari politik luar negeri dari berbagai negara. Diplomasi ekonomi dilakukan untuk mencapai sebuah kesejahteraan ekonomi dari sebuah negara. Di dalam diplomasi ekonomi terdapat bagian lain yaitu diplomasi perdagangan.

Di dalam diplomasi perdagangan, perdagangan internasional menjadi salah satu komponen yang sangat berpengaruh, karena dengan mengaplikasikan sebuah system perdagangan internasional, maka negara tersebut dapat membuat angka perekonomian mereka meningkat ke arah yang lebih baik. Agar kepentingan-kepentingan dari aktor mudah tercapai, menurut para ekonom yang menganut aliran merkantilisme mengatakan bahwa jika ingin mencapai kesejateraan ekonomi dengan mudah maka dapat memperbesar komoditi ekspor dan mengurangi volume impor, maka hal tersebut dapat dengan mudah menambah pendapatan negara melalui devisa.

Salah satu contoh negara yang menggunakan diplomasi ekonomi sebagai strategi dalam politik luar negerinya yaitu Indonesia. Pemerintah negara Indonesia menerapkan diplomasi ekonomi sebagai strategi prioritas dalam politik luar negeri yang dilakukan oleh negara Indonesia. Presiden negara Indonesia mendorong perdagangan luar negerinya dengan menggenjot volume ekspor Indonesia dan memperluas pasar-pasar luar negeri sehingga ekspor pun ikut bertambah dan hal tersebut tentunya dapat meningkatkan taraf kesejahteraan dan mendorong perekonomian di dalam negeri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline