Ilmu Komunikasi adalah studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari seoarang komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui berbagai macam media baik secara verbal maupun non verbal. Komunikasi adalah usaha atau cara orang untuk mengkomunikasikan sebuah ide - ide, keinginan dan banyak lagi, upaya ini hanya berfungsi untuk orang berkomunikasi satu sama lain. Pada abad ke-5 SM Di Yunani, berkembang ilmu yang mempelajari proses argumentasi antarpribadi yang dikenal sebagai retorika, dan merinci apa yang dimaksud dengan keterampilan yang diperlukan dalam berbicara dan berdebat atau kemampuan menggunakan bahasa dengan lancar serta dapat mempengaruhi dan meyakinkan.
Ilmu Komunikasi menjadi peluang yang baik dalam mempromosikan objek wisata Sumatera Utara. Pasalnya, komunikasi menjadi sebuah wadah yang tepat dalam menyebarkan informasi. Komunikasi yang berupa penyampaian pesan kepada penerima pesan guna menyebarkan informasi-informasi mengenai objek wisata di Sumatera Utara. Pentingnya komunikasi dalam komunikasi pariwisata adalah dalam proses pemasaran, yakni komunikator harus bijak dalam memasarkan produk wisata agar dapat menarik perhatian pelanggan untuk menggunakan produk wisata. Perlu kita ketahui sangat banyak objek wisata alam indah yang dapat kita temui di Sumatera Utara. mungkin bagi awam salah satu objek wisata di Sumatera Utara hanyalah Kota Medan dengan istana Maimun serta Parapat dengan Danau Toba-nya. Namun apabila kita telaah lagi, sangat banyak objek wisata yang belum terjamah oleh media. contohnya seperti Pelaruga yang terletak di Kabupaten Langkat. hal yang menarik yaitu arung jeram dan sungai dengan air yang sanagt jernih. namun, sangat disayangkan bagi pemerintah setempat yang belum memperhatikan kondisi jalan. kondisi jalan menuju lokasi wisata tersebut masih dapat kita temui lobang ataupun ada beberapa titik jalan yang rusak. sebaiknya, pemerintah juga turut mendukung dalam keberhasilan kemajuan objek wisata. karena apabila melalui komunikasi saja, rasanya kurang efektif apabila tidak di dukung dalam bentuk infrastruktur. selain itu objek wisata alam lainnya yakni, air terjun dua warna, aek sijornih di tapanuli Bah Damanik di Simalungun, Air Soda di Tarutung dan masih banyak lagi. melalui komunikasi yang disampaikan baik secara verbal maupun non verbal serta melalui periklanan diharapkan mampu menjadi jembatan antara promotor dengan konsumen sehingga semakin banyak yang mengetahui objek-objek wisata di Sumatera Utara.
Ilmu Komunikasi juga merupakan ilmu yang berkembang. karena mengikuti perkembangan zaman semakin banyak informasi - informasi baru tentunya yang akan semakin meningkatkan peluang ilmu Komunikasi. Namun saat ini sangat disayangkan apabila banyak mahasiswa ilmu komunikasi yang masih kesulitan untuk menerapkan ataupun memberikan terobosan baru dalam ilmu komunikasi. kebanyakan masih berfokus pada Broadcasting, Periklanan, Jurnalistik maupun public Relation. Padahal banyak sekali trobosan baru yang bisa diciptakan melalui karya dalam ilmu komunikasi ini sendiri. sama hak nya dengan kegiatran promosi objek wisata tersebut, ilmu komunikasi turut ikut andil dalam menjadi wadah ataupun media yang mendukung keberhasilan promosi tempat wisata.
ilmu Komunikasi diharapkan mampu menjadi wadah yang baik untuk proses penyampaian pesan yang efektif. melalui adanya program studi tersebut, diharapkan juga di masa depan nantinya ilmu komunikasi semakin berkembang serta promosi objek wisata juga semakin berkembang. karena dengan berkembangnya pengetahuan khalayak tentang objek wisata di Sumatera Utara juga akan memebrikan dampak baik yang cukup signifikan baik dari sosial maupun ekonomi daerahnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H