Lihat ke Halaman Asli

Minoritas Bukan Menjadi Penghalang Diri untuk Berprestasi

Diperbarui: 2 April 2021   01:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

halo guysss.... kali ini aku akan bercerita tentang pengalaman teman saya yang menjadi minoritas di lingkunganya.

Indonesia merupakan Negara majemuk yang memiliki bermacam keunikan dan keberagaman dalam hal Agama, Suku, Budaya, Bahasa, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam konteks keberagaman Agama di Indonesia, Indonesia mengakui lima (5) Agama antara lain Islam, Kristen, Khonghucu, Budha, dan Hindu. Namun dari total warga negara di Indonesia, mayoritas menganut Agama Islam.

Menjadi golongan minoritas memang bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi, lantas timbul pertanyaan besar yaitu Bagaimana keluh kesah dan semangat hidup  orang atau individu yang terlahir menjadi seorang minoritas ?

KR, singkatan nama gadis cantik yang terlahir dalam keluarga kristen. Menjadi seorang minoritas di wilayah yang mayoritas beragama Islam, tidak menyulutkan semangat hidupnya untuk membuktikan kepada semua orang bahwa minoritas bukanlah suatu halangan untuk tetap berekspresi dan berprestasi.

Sedari kecil, ia harus berusaha untuk bertahan hidup di lingkungan sekitar yang mayoritas beragama Islam.  Keluarga besarnya yang mayoritas beragama Islam, sedangkan hanya ia dan keluarganya yang berbeda keyakinan yaitu menganut Agama Kristen. Keluh kesahpun pernah ia alami ketika Keluarga Besarnya sedang merayakan hari besar Islami, dimana ia mendapat perlakuan yang berbeda dengan sepupunya yang beragama Islam. Namun, ia memaklumi hal tersebut mengingat perbedaan dalam hal keyakinan beragama.

Ketika Sekolah Dasar, ia juga pernah mengalami perlakuan yang berbeda dari Gurunya. Guru tersebut secara spontan bertanya kepada KR tentang agama yang diyakininya, pertanyaan tersebut yaitu mengapa kok di agamamu menyembah orang yang disalib dan mengapa di agamamu juga terdapat tiga (3) tuhan. KR pada waktu itu hanya terdiam karena takut untuk speak up menjawab pertanyaan dari gurunya tersebut. Tak hanya dari Gurunya, ketika Sekolah Dasar ia juga mendapat bullyan verbal dan gangguan yang frontal kepada dirinya karena teman cowoknya menganggap ia berbeda dengan yang lainnya. Ketika itu ia tidak ingin mengambil pusing karena ia percaya tidak akan ada yang membela dirinya dan akhirnya menganggap temannya tersebut hanya bercanda kepada dirinya.

Ketika SMP (Sekolah Menengah Pertama) pun ia juga pernah mengalami tindakan yang kurang adil terhadap Gurunya. Pada waktu Sekolah Menengah Pertama atau SMP, ia pernah mendapatkan jabatan sebagai ketua kelas. Hal tersebut membuat ia bangga karena pada akhirnya minoritas agama yang ia alami bukan menjadi halangan.

Namun hal tersebut berubah menjadi pelik ketika suatu Guru Pengampu Pendidikan Agama Islam di SMP (Sekolah Menengah Pertama)nya mengetahui bahwa dikelasnya mempunyai ketua kelas yang mempunyai  keyakinan yang berbeda ditambah Guru tersebut juga menganggap bahwa sebenarnya yang layak harus menjadi ketua kelas yaitu anak laki -- laki.

Ketika SMP (Sekolah Menengah Pertama), ia juga mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari temannya. Temannya menganggap bahwa jika berteman dengan  dirinya akan membawa pengaruh buruk kedepannya untuk temannya tersebut. Alhasil, banyak temannya yang menjauhinya.  Dengan gigih dia untuk bertahan hidup, KR menjalani hidupnya dengan penuh positive  serta melupakan hal yang kurang baik yang pernah ia alami sebelumnya.

Ia berupaya bertahan hidup untuk membuktikan kepada semua orang dan untuk membungkam mulut orang-orang yang jahat kepadanya bahwa anak yang terlahir menjadi seorang minoritas juga memiliki kesempatan  untuk berprestasi. Dan pada akhirnya ia berhasil membuktikan kepada Guru dan temannya SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang pernah membedakan perlakuan terhadapnya bahwa ia berhasil menjadi Peringkat Terbaik di kelasnya.

Dalam hal ini, ia sangat bangga ia berhasil mematahkan persepsi dan asumsi dari orang yang pernah berlaku jahat kepadanya bahwa dengan lahir sebagai seorang minoritas bukan berarti akan menebarkan hal-hal yang negatif dan justru ia membuktikan bahwa dengan keterbatasan dan minoritas agama menjadi penyemangat untuk menjadikan acuan untuk mempunyai prestasi sesuai kemampuannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline