Seiring berkembangnya teknologi digital menawarkan kesempatan untuk semua pelaku usaha. Digital marketing memiliki peran bukan hanya dalam aspek bisnis saja, tetapi memberikan keuntungan besar dalam kemamuan terhubung dengan banyak orang secara otomatis tanpa menggunakan metode tradisional.
Sederhananya, digital marketing saat dinyatakan sebagai implementasi rencana dan strategi pemasaran melalui jaringan internet yang didefinisikan sebagai pendekatan yang mengandalkan jaringan dalam terhubung dengan audiens yang tidak hanya media sosial saja, salah satunya adalah dengan website.
Tidak hanya kegiatan jual beli dan pemasaran saja, pemanfaatan digital marketing juga dapat diterapkan dalam kegiatan seperti event, pameran, dan sebagainya. Pameran digital diadakan untuk menunjang kreativitas sesorang dengan adanya keterbatasan ruang, waktu dan lokasi yang memberikan positive impactseperti lebih banyaknya partisipan serta kontribusi pengunjung didalamnya yang juga memberikan experience serta penghematan dana serta menjadi solusi dari keterbatasan pameran fisik .
Digital marketing yang biasanya terdiri dari pemasaran interaktif dan terpadu memudahkan interaksi antara produsen, perantara pasar, dan calon konsumen. Di satu sisi, digital marketing memudahkan pebisnis memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen, di sisi lain calon konsumen juga bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan cara menjelajah dunia maya sehingga mempermudah proses pencariannya. Pembeli kini semakin mandiri dalam membuat keputusan pembelian berdasarkan hasil pencariannya. Digital marketing dapat menjangkau seluruh masyarakat di manapun mereka berada tanpa ada lagi batasan geografis ataupun waktu.
SMP Yamassa Surabaya yang terletak di Jl. Kedung Asem no 80, Kedung Baruk, Kec. Rungkut, Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur ini, memiliki motto mencetak generasi muda yang kreatif dan berprestasi. Sesuai dengan motto mereka tersebut, tim pengabdian masyarakat Unusa mengadakan pelatihan tentang kewirausahaan dasar dan digital marketing untuk pemula, dengan tujuan diharapkan siswa SMP Yamassa Surabaya memiliki wawasan dan bisa berinovasi sehingga mampu menciptakan inovasi produk baru kemudian bisa memasarkannya melalui platform digital yang ada saat ini.
Kami berupaya menanamkan mindset entrepreneur pada generasi muda bangsa sehingga mindset menjadi pegawai atau karyawan tidak menjadi prioritas lagi. Karena mengingat persaingan dunia kerja jaman sekarang semakin ketat, maka menjadi pengusaha bisa menjadi solusi untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H