Lihat ke Halaman Asli

Adi Nugroho

Mahasiswa

Mengenal Sistem Pendidikan Modern dan Perbedaannya dengan Sistem Pendidikan Tradisional

Diperbarui: 13 Januari 2021   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sistem pendidikan modern adalah metode baru yang kita gunakan sekarang sedangkan sistem pendidikan tradisional adalah sistem pendidikan yang sudah kita gunakan sejak dulu. dalam kondisi pandemi COVID 19 yang belum mereda, konsep pendidikan modern mendominasi secara nasional karena diterapkannya protokol kesehatan yang mengharuskan siswa dan pengajar beraktivitas secara daring di rumah masing masing. dalam mengenali konsep antara sistem pendidikan modern dengan sistem pendidikan tradisional, terdapat ketidaklengkapan dalam memahami kedua konsep tersebut.

apa yang terlintas di benak kita ketika ditanya apa perbedaan belajar Online dengan belajar tatap muka secara langsung? jelas yang satu duduk di depan komputer dan yang satunya lagi duduk menghadap papan tulis dan tenaga pengajar secara langsung.

perbedaanya tidak hanya pada itu saja, ada beberapa hal yang mendasari perbedaan antara keduanya, diantarannya adalah teknologi yang digunakan, suasana belajar mengajarnya dan juga gaya mengajarnya. Masing masing memliki keunggulan dan kelemahan dalam pelaksanaanya.

Keeunggulan Sistem Pendidikan Modern :

a. Pembelajaran jarak jauh : kita bisa belajar di universitas mana saja yang kita mau tanpa perlu repot repot pergi kesana, pembelajaran jarak jauh memudahkan kita memilih jurusan mana yang kita sukai dan yang sesuai dengan karir kita.

b. Fleksibilitas : kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja.

c. Ramah biaya : dalam arti kita tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, uang jajan, bahkan tanpa perlu membayar uang bulanan. hal ini bisa saja terjadi lantaran terdapat banyak komunitas online class yang tidak berbayar atau bahkan kita bisa belajar melalui youtube yang sudah jelas gratisnya dan bisa diakses oleh siapapun. tinggal kita yang memilih konten konten mana yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Kelemahan :

a. Kurangnya Ineteraksi Sosial : Pembelajaran jarak jauh secara daring mengakibatkan kita terus berada di rumah apalagi di masa pandemi yang belum kunjung selesai, kita menghabiskan waktu lebih banyak dirumah dan sendirian, hal ini mengakibatkan kita tidak bisa mengembangkan interaksi sosial kita dengan teman teman.

b. Mudah dialih-fokuskan oleh hal hal diluar media belajar

c. Terisolasi : kita belajar secara daring terus menerus dapat mengakibatkan kita merasa terisolasi dari dunia luar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline