Lihat ke Halaman Asli

Yuk Liburan ke Samarinda!

Diperbarui: 21 Desember 2017   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IndonesiaKaya.com

Setiap daerah di Indonesia punya keunikan alam yang berbeda sehingga rasanya tidak akan ada habisnya meskipun semua tempat sudah dijelajahin.

Ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Samarinda tidak boleh luput dari daftar destinasi wisata. Menyadur dari CNNIndonesia, bukan objek wisata alamnya saja, kota seluas 718 km2 ini juga punya wisata seni budaya dan beragam kerajinan tangan.

If you are wondering, here are tourist attractions you inSamarinda you should visit!

  • Taman Rekreasi Lembah Hijau
    Berdekatan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda, suasana di Taman Rekreasi Lembah Hijau ini menjadi sangat teduh dan rindang.
    Tempat wisata berjarak 15 km dari pusat kota Samarinda ini merupakan perpaduan antara wisata alam dan wisata buatan. Di sini kamu bisa camping, outbond, berenang, dan memancing. Untuk berlibur bersama keluarga, tempat ini direkomendasikan sekali!
  • Pulau Beras Basah
    Terletak di Bontang, jarak perjalanannya sekitar tiga jam dari pusat kota. Pulau Beras Basah akan memanjakan para turis dengan pemandangan pinggir pulaunya yang dikelilingi oleh pasir putih serta deburan ombak.
    Bukan hanya bisa menikmati pemandangan di daratan. Keindahan pemandangan bawah lautnya juga kini menjadi atraksi yang menarik minat turis untuk menyelaminya.
  • Sentra Sarung Samarinda
    Kerajinan tangan tradisional yang jadi favorit di Samarinda adalah Sarung Tenun Ikat. Ada dua kelurahan yang menawarkan pusat kerajinan tradisional tenun ikat di Samarinda, yakni Kelurahan Kampung Baqa dan Kelurahan Kampung Masjid.
    Cara produksinya menggunakan alat tenun sederhana yang masih mengandalkan tangan manusia. Sarung Samarinda berciri khas berbagai motif berbentuk geometris.
  • Masjid Islamic Center
    Berlokasi di kecamatan Teluk Lerong Ulu, Samarinda, masjid ini berhadapan dengan Sungai Mahakam. Masjid ini juga merupakan salah satu ikon Samarinda. Luas bangunan mencapai 43.500 meter persegi.
    Sebelum diambil alih kepemilikannya oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan dijadikan masjid, lokasi ini adalah lahan bekas tempat pemotongan kayu milik PT. Inhutani.
    Dengan arsitektur berbau Turki, salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini memiliki tujuh menara utama tinggi dan sebuah kubah yang besar. Selain itu, ada juga enam menara di sampingnya yang bermakna enam rukun Islam.
  • Pulau Kumala Samarinda
    Pulau ini menyuguhkan konsep wisata yang sama dengan Taman Rekreasi Lembah Hijau. Yang membuatnya lebih atraktif adalah objek wisata ini berlokasi di tengah-tengah Sungai Mahakam.
    Kalau ke sini, jangan lupa berkunjung ke akuarium raksasa yang menampung ikan orcaella brevirostris, sejenis spesies lumba-lumba air tawar.
  • Air Terjun Tanah Merah
    Air terjun setinggi hanya 15 meter ini pertama kali ditemukan pada 1975 dan diresmikan jadi objek wisata pada 1989. Letaknya sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda.
    Berlokasi di Dusun Purwosari, tempat wisata ini tidak pernah sepi turis, baik turis domestik maupun turis mancanegara. Untuk ke sini, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.
    Tanah gambut di bawah air terjun membuat air terlihat keruh, namun hal itu tidak mengurangi atraksi Air Terjun Tanah Merah.
  • Sungai Mahakam
    Sungai sepanjang 920 km ini bermuara di Selat Makassar dan melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat pada hulu hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan kota Samarinda pada hilirnya.
    Sampai sekarang, Sungai Mahakam masih dijadikan akses tranportasi warga sehingga kapal hilir mudik melewatinya. Bila ingin berkeliling, tersedia kapal yang akan mengajakmu mengapung di atas sungai.
    Sungai ini juga menjadi rumah bagi spesies mamalia ikan air tawar yang terancam punah, Pesut Mahakam.

Whoa, siapkah berkelana ke Samarinda?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline